Kegiatan menanam pohon di lingkun­gan masjid ini dilakukan bersama KMB (Keluarga Muslim Bogor) yang memiliki jadwal rutin kegiatan buka puasa keliling dari masjid ke masjid. Karena itu, pena­naman pohon di masjid-masjid akan di­lakukan pada sore hari, yakni mulai pukul 16.00 hingga jelang buka puasa. ‘’Program ini sudah berjalan 10 tahun terakhir,’’ kata Koordinator KMB Rusli Saimun kepada Bo­gor Today, Senin (6/6/2016) malam.

Pemimpin Redaksi Bogor Today Alfian Mujani yang juga inisiator tanam pohon setiap hari menyambut gembira ajakan menanam pohon buah-buahan di masjid-masjid dan pesantren-pesantren selama Ramadhan. ‘’Islam memiliki ajaran yang sangat jelas dan detik tentang lingkungan hidup, terutama tentang penghijauan. Karena itu, sudah seharusnya pusat-pusat kegiatan umat Islam seperti masjid dan pesantren menjadi ujung tombak gerakan penanaman pohon setiap hari,’’ katanya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 26 April 2024

Bagi umat Islam, lanjut Alfian, mena­nam pohon itu bukan sekedar kegiatan penghiajaun. Tetapi juga bagian terpent­ing dari ikhtiar mewujudkan ketahanan pangan, menciptakan lingkungan bersih dan sehat, serta menjaga keseimbangan alam. ‘’Salah satu tugas penting umat manusia yang beriman adalah mencegah terjadinya kerusakan alam, dengan cara menanam pohon. Nabi Nuh Alaihissalam diperintahkan menanam pohon selama 100 tahun, baru diizinkan menebang po­hon untuk membuat kapal,’’ kata Alfian.

BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

Karena itu, menurut Alfian, bagi umat Islam seharusnya menanam pohon itu dianggap sebagai panggilan dari agama. ‘’Jadi, ada atau tidak ada peraturan negara yang mengharuskan kita menanam pohon, sebagai umat beragama harus tetap mena­nam pohon sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat keindahan alam,’’ katanya. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================