HL-foto-KOZERPengumuman Penerimaan CPNS 2016, Hoax Sehubungan dengan maraknya penipuan pengangkatan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS), Kementrian Dalam Negeri RI mengeluarkan Surat Edaran No. 800/1907/SJ.

Oleh : Yuska Apitya Aji
[email protected]

Dalam surat edaran yang ditandatan­gani oleh Sekre­taris Jenderal Ke­mentrian Dalam Negeri RI Yuswandi A. Tumenggung, disebutkan bahwa pengang­katan CPNS dilakukan secara transparan, objektif, terbuka, dan tanpa dipungut biaya.

“Apabila terdapat oknum yang menawarkan dapat mem­bantu dalam proses pengang­katan CPNS yang mengatas­namakan Kementrian Dalam Negeri dengan meminta sejum­lah uang, maka tindakan terse­but merupakan penipuan,” demikian salah satu petikan Su­rat Edaran yang ditandatangani per tanggal 24 Mei 2016 itu.

Baca Juga :  Yantie Rachim Blusukan ke Pulo Empang

Terkait dengan surat eda­ran di atas, Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Bo­gor Ida Priatni mengingatkan agar warga masyarakat senan­tiasa waspada. Termasuk dian­taranya informasi yang dikirim­kan melalui pesan WhatsApp, BBM dan sebagainya. “Infor­masinya banyak yang hoax. Jadi masyarakat harus waspada dan berhati-hati. Sekarang banyak oknum yang menga­tasnamakan orang pusat,” pesan Ida, Senin (6/6/2016).

Baca Juga :  Pemkab Bogor Gelontorkan Anggaran 20,45 Miliar Untuk 30 Rehabilitasi Jembatan Rawayan

Ida menjelaskan saat ini pemerintah masih melaku­kan moratorium terkait ke­butuhan pegawai. Hingga saat ini, pemerintah belum mengeluarkan kebijakan soal penerimaan CPNS tahun 2016. Karena itu, masyarakat ha­rus lebih waspada terhadap berbagai rumor yang beredar di sejumlah media agar tidak menjadi korban penipuan.

“Bila membutuhkan penjelasan, masyarakat dapat menghubungi BKPP Kota Bo­gor untuk mengetahui informa­si yang benar,” ingat Ida (eto)