Untitled-24Oleh : Yuska Apitya
[email protected]

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mulai pusing menilik harga sembako yang tak kunjung stabil memasuki hari kedua ramadan. Mantan Walikota Solo itu memperingatkan tiga Kementerian dalam penanganan harga pangan menjelang lebaran. Adalah Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian BUMN.

“Inflasi jelang lebaran. Hati-hati. Ini jadi tanggung jawab Kemendag (Kementerian Perdagangan), tapi ke­menterian lain juga berperan seperti Kementan (Kementerian Pertanian) dan Kementerian BUMN,” tegas Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Jokowi mengatakan, kenaikan harga bahan pangan menjelang leba­ran seakan menjadi kebiasaan setiap tahun. “Ini jadi kebiasaan tiap ta­hun kita bahwa harga-harga selalu naik jelang Idul fitri. Memang de­mand naik, tapisupply-nya dikenda­likan tidak akan terjadi seperti ini,” imbuhnya.

BACA JUGA :  Menu Makan Dengan Mie Kuah Daging Bumbu Semur, Dijamin Menggugah Selera Keluarga

Padahal, kata Jokowi negara lain tidak mengalami persoalan seperti Indonesia. Meskipun sebenarnya juga ada kegiatan lebaran. “Saya hanya bayangkan seperti negara lain, akhir tahun waktu Natal justru ada diskon besar-besaran. Saya bayangin harusnya ada itu. Tempat lain bisa kenapa kita nggak. Ini malah cepat-cepatan naik,” terang Jokowi.

Menurutnya harus ada perubah­an ke depannya. Ini dimulai dari kon­sep, hingga pelaksanaan dan evalu­asi dari kebijakan yang dijalankan. “Karena nanti dampak dari kenaikan harga yang terkena adalah rakyat ke­cil, petani, buruh tani. Karena 80% petani kita konsumen beras, meski­pun petani,” sebutnya.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Tumis Buncis dan Wortel yang Renyah dan Sedap

Saat Bulan Ramadan, harga dag­ing masih belum bergerak turun dari kisaran Rp 120.000/kg – Rp 125.000/kg di wilayah DKI Jakarta. Walaupun pemerintah sudah men­gambil kebijakan untuk membuka keran impor sebanyak 27.000 ton, harga daging belum turun seperti target pemerintah di bawah Rp 80.000/kg.

Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyatakan bahwa kebijakan terse­but memang tidak akan langsung berdampak terhadap harga. Menurut Jokowi, butuh waktu untuk menu­runkan harga.

Meski demikian, mantan Gu­bernur DKI Jakarta ini berjanji akan mengecek harga pangan termasuk di antaranya daging sapi dalam bebera­pa hari ke depan.

============================================================
============================================================
============================================================