Selanjutnya mengerjakan sahur. Sahur ialah makan dan minum di akhir malam dengan niat untuk berpuasa. Rasulullah bersabda, ‘Sahurlah kalian, karena pada sahur itu terdapat ke­berkahan.’ (Muttafaq alaih)

Selain itu, sebaiknya sahur juga dilak­sanakan dengan mengakhirkan waktu­nya. Sebagaimana Rasulullah bersabda. ‘Umatku senantiasa dalam kebaikan, sela­gi mereka menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur.’ (HR. Ahmad)

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Sup Tofu dan Jamur Bekuah Gurih

Dan sunah lainnya yang jangan dit­inggalkan ialah berdoa saat berbuka puasa. Rasulullah saat berbuka beliau berdoa yang artinya, ‘Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rezeki-Mu aku berbuka puasa. Maka terimalah (puasa)ku, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.’ (HR. Abu Daud)

Saat berbuka juga termasuk waktu mustajab atau dijamin terkabulnya doa, karena itu manfaatkanlah waktu istime­wa tersebut untuk memohon segala kebaikan kepada Allah termasuk memo­hon ampunan kepada-Nya. Abdullah bin Umar berdoa saat berbuka puasa dengan doa yang artinya ‘Ya Allah, aku meminta kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang me­liputi segala sesuatu hendaklah Engkau mengampuni dosa-dosaku.’ (HR. Ibnu Majah) Wallahu a’lam

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================