Untitled-2DALAM menjalankan puasa Ramadhan, kita tidak hanya menger­jakan rukun puasa yaitu niat dan mena­han dari yang mem­batalkan. Tetapi juga perlu menjaga ama­lan yang bersifaf su­nah, sehingga puasa yang dijalankan ses­uai dengan tuntunan dari Nabi Muhammad saw.

Beberapa hal berikut adalah amalan sunah dalam berpuasa, yaitu menyegerakan berbuka. Menyegerakan berbuka puasa ketika matahari terbenam. Rasulullah tidak mengerjakan

BACA JUGA :  Bejat, Pria di Pandeglang Perkosa Gadis Disabilitas Hingga Hamil 6 Bulan

salat Magrib hingga beliau berbuka puasa kendati hanya dengan seteguk air. Beliau bersabda, ‘Manusia senantiada dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.’ (Muttafaq alaih)

Kemudian berbuka puasa dengan kurma. Berbuka puasa yang paling baik ialah dengan kurma, atau setidaknya dengan air. Disunahkan berbuka puasa dengan kurma dalam jumlah bilangan ganjil, misalnya tiga, lima atau tujuh. Diriwayatkan bahwa Rasulullah ber­buka puasa dengan beberapa kurma matang sebelum mengerjakan salat magrib. Jika tidak mendapatkan yang matang beliau berbuka dengan kurma kering. Jika tidak mendapatkan kurma kering, beliau meneguk beberapa tegu­kan air. (HR. Thabrani)

============================================================
============================================================
============================================================