Bunga mawar pink adalah bun­ga yang banyak disukai para wani­ta, karena warna tersebut sering dilambangkan dengan kecantikan, kelembut, kasih sayang, kebaha­gian, penghargaan, serta kekagu­man. Warna yang demikian lembut menjadi ciri khas dari bunga yang sangat menggemaskan dan meng­goda ini.

ANGGREK termasuk dalam fami­li “ Orchidaceae”. “orchid” dalam bahasa Yunani berasal dari orchis yang berarti testicle atau buah za­kar. Zaman dahulu anggrek identik dengan pria, baik warna, bentuk bahkan strukturnya. Anggrek juga melambangkan kesuburan dan ke­jantanan. Dahulu ada anggapan jika mengkonsumsi anggrek muda, maka seseorang bisa memiliki anak laki-laki dan jika mengkonsumsi anggrek tua akan melahirkan anak perempuan tetapi dalam mitos ini tidak disebutkan arti konsumsi ini dimakan sebagai bahan makanan atau hanya dinikmati keindahan bunganya saja.

Indonesia terkenal ke seluruh dunia dengan kekayaan bunga anggreknya. Lebih dari 4000 jenis anggrek tersebar hampir di semua pulau besar yang ada di nusantara. Anggrek yang paling terkenal dari indonesia adalah anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) yang di­angkat sebagai “Bunga Nasional” dan dijuluki “puspa pesona”, dan “Anggrek kantung” (Phapiopedium javanicum).

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Hadiri Musrenbangnas Tahun 2024 untuk Dukung dan Sukseskan Program Nasional

DAHLIA adalah bunga yang be­rasal dari Meksiko. Dahlia terma­suk dalam keluarga Asteraceae dan memiliki 30 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Dahlia berbunga saat musim panas hingga musim gu­gur dan tergolong dalam tanaman perdu yang berumbi dengan sifat tahunan. Dinamakan Dahlia karena untuk menghormati ahli botani asal Swedia, Anders Dahl sejak abad ke -18. Manfaat Dahlia, selain untuk tanaman hias, juga sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pangan. Umbi Dahlia memiliki kandungan inulin 3,8%. Inulin umbi dahlia diperkenal­kan oleh Lukman Hakim, seorang Kepala LIPI pada peringatan HUT Kebun Raya Cibodas ke 159 tahun, 11 April 2011. Fungsi dari inulin un­tuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kelebihan kolesterol. Selain itu bermanfaat sebagai prebiotik yang berguna se­bagai substrat mikroflora yang san­gat menguntungkan bagi usus kita. Dahlia dapat dijadikan susu instan bagi anak-anak ataupun dewasa hingga manula. Inulin yang terkan­dung dalam susu instan umbi Dahlia berguna untuk meningkatkan daya serap terhadap kalsium oleh tubuh yang dapat menunjang pertumbu­han tulang dan gigi anak-anak serta mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada orang dewasa dan man­ula. Selain dijadikan susu instan, inulin juga dapat dijadikan sebagai pengganti gula dan lemak di produk makanan rendah kalori dan juga se­bagai bahan baku untuk membuat sirup fruktosa.

BACA JUGA :  REFLEKSI HARI PENDIDIKAN NASIONAL: REPRESI SISTEM PENDIDKAN DALAM BENTUK KOMERSIALISASI

BUGENVIL atau nama ilmiahnya Bougainvillea adalah tanaman yang popular sebagai tanaman hias, kare­na kecantikan warna bunganya yang mencolok dan bervariasi. Tanaman asal Amerika Selatan ini diambil dari nama seorang prajurit Angka­tan Laut Perancis yang bernama Sir Louis Antoine Bougainville. Bunga kertas ini selain sebagai tanaman hias, ternyata memiliki kandungan polifenol dan saponin yang ter­dapat pada batang, daun dan bung­anya yang berguna sebagai obat jika Haid tidak teratur atau terlambat datang, sakit dan menggumpalnya darah saat masa Haid, serta untuk mengobati keputihan dan sebagai penyegar badan.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================