Untitled-14Pemilihan Ketua DPD Golkar Kota Bogor melalui mekanisme Musyawarah Daerah (Musda) dipastikan bakal meriah dan berlangsung memanas. Tak kalah panas dengan Musyawarah Nasional (Munas) pemilihan Ketua Umum (Ketum).

Oleh : Abdul Kadir Basalamah
[email protected]

Meski musda baru akan dihelat Juli mendatang, namun konstelasi politik antar pasang calon ditubuh partai berlambang pohon berin­gin sudah terasa memanas.

Setelah dikabarkan adanya dua nama calon yang akan mera­maikan Musda, yakni Heri Ca­hyono (HC) dan Yus Ruswandi, kini muncul satu nama lainnya yang dikabarkan akan turut ber­partisipasi. Satu nama tersebut, yaitu Ketua Harian DPD Gol­kar Kota Bogor, Tauhid J Tagor

Majunya Tagor sebagai Ketua DPD, dibenarkan Ketua Pengurus Kecamatan Bogor Selatan, Dian Ardian. “Selain Yus Ruswandi dan HC, Pak Tagor juga akan meramai­kan Musda. Belum lama ini, Pak Tagor meminta restu ke­pada saya untuk mendukung­nya,” kata Dian saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Dari ketiga nama bakal calon (Balon) Ketua DPD, Dian men­gaku memiliki kecenderungan pada dua nama kader. Keduanya, yakni Yus Ruswandi dan Tauhid J Tagor. Kecenderungan itu, di­dasari dari rekam jejak kedua ba­lon yang dinilai baik dimatanya.

“Yus Ruswandi merupakan kader Golkar yang berangkat dari bawah. Beliau saya kenal sebagai kader yang baik. Begitu juga dengan Tagor yang me­miliki kedekatan dengan para kader. Sementara HC, saya tidak begitu kenal beliau,” sebutnya.

BACA JUGA :  2 Kelompok Tani di Kota Bogor Dapat Bantuan Alsintan Pompa Air

Namun demikian, Dian mengaku belum berani me­nentukan sikap politisnya ter­hadap figur balon Ketua DPD.

Lebih lanjut, Dian juga mengatakan, bila hari ini (Senin), Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar akan menetapkan jadwal terbaru Musyawarah Daerah (Musda) lan­jutan DPD I dan II Partai Golkar.

Juklak Musda terbaru itu sebagai landasan untuk meng­gelar atau melaksanakan Musda di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Juklak terse­but bakal menggantikan Juk­lak Nomor 04 Tahun 2015.

Menurutnya, Juklak Musda terbaru itu menyesuaikan den­gan hasil Musyawarah Nasional luar biasa (Munaslub) DPP Gol­kar yang dilaksanakan beber­apa waktu lalu atas inisiatif Jusuf Kalla.

Dikonfirmasi, Ket­ua Harian DPD Gol­kar Kota Bogor, Tauhid J Tagor, membenarkan, dirinya maju dalam pemili­han Ketua DPD Golkar Kota Bogor. “Betul. Insyallah maju. Mohon doa dan dukungan­nya ya,” kata dia, kemarin.

Menyikapi majunya Tagor dalam musda, Yus Ruswandi dan Heri Cahyono, mengaku tak kaget. “Itu hak semua kader untuk maju. Ya, cita-cita kita kan sama, yakni berjuang demi kepentingan rakyat. Ya, kita ikuti saja air mengalir,” kata Sekretaris DPD Golkar Kota Bo­gor, Heri Cahyono, kemarin.

Cheppy Beratkan Yus Rus­wandi? Sementara, Ketua DPD Partai Golkar, Cheppy Harun menyatakan tidak akan kembali maju sebagai ketua DPD pada musyawarah cabang (Muscab) Juli mendatang. Kata Cheppy, sudah saatnya ada pergantian figur ketua di tubuh partai ber­lambang pohon beringin ini. “Saya tidak akan kembali tampil, karena saya sudah dua periode. Bi­a r ­k a n yang muda yang me­mimpin,” ucap Cheppy kepada Pewarta Bogor Today, kemarin.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Kabar terdengar, Cheppy tarik diri untuk maju lantaran re­stu dan dukungannya untuk Yus Ruswandi, Ketya Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Kota Bogor. Sumber di internal Golkar juga menyebut, Yus Ruswandi acap meminta konsultasi ke kediaman Cheppy.

Soal ini, Cheppy membantah. Ia sengaja tidak memberikan sig­nal khusus bila dirinya memiliki kecenderungan terhadap salah satu pasang calon. Namun demiki­an, Cheppy menyebutkan, bila kursi ketua Golkar dihalalkan bagi seluruh kader Golkar. “Terpent­ing, ketua nanti harus mengemban tugas sesuai dengan amanat partai dan UUD 45,” tegasnya. Chep­py juga menye­butkan, bila Golkar Kota Bogor akan segera menggelar rapat pleno pada Minggu ini. Dalam rapat nanti, akan dibahas kesiapan dan tek­nis pelaksanaan muscab, terma­suk pemben­tukan steer­ing comite (SC) alias p a n i t i a pengarah dan pani­tia pelak­sana atau organiz­ing comite (OC). “Jika tidak ada h a m b a t a n , maka rapat pleno akan dige­lar Minggu ini,” tan­dasnya.(Patrick|Yuska)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================