hujan-foto-KOZERBOGOR TODAY- Kabar gembira bagi Anda yang menunaikan ra­madan di Kota Bogor. Karena, cuaca bersahabat bagi Anda. BMKG menyatakan, musim hujan akan berlangsung hingga akhir Juni mendatang. Ini didasari masuknya musim Pancaroba dan penurunan suhu muka laut di kawasan Timur equator di Lau­tan Pasifik yang berdampak pada perubahan pola cuaca di berbagai wilayah (Fenomena La Nina).

Kepala Stasiun Meteorolo­gi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga, Dedi Sucahy­ono mengatakan, fenomena La Nina, tidak dapat dilihat secara fisik. Periode fenomena ini pun tidak tetap terjadinya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 14 Mei 2024

“La Nina akan berlangsung sampai dengan tahun 2017, jadi patut mewaspadai musim hujan sampai 2017,” katanya saat dit­anya Bogor Today.

Hujan yang berpotensi di wilayah Bogor akan berpeluang terjadi pada Sore dan malam hari. “Hujan berpotensi disertai angin dan petir dengan intensi­tas curah hujan yang sedang dan lebat pada Juni ini,” singkatnya.

Curah hujan yang meningkat akibat anomali cuaca menyebab­kan suhu udara cepat berubah. Situasi ini akan berpengaruh ter­hadap menurunnya ketahanan tubuh manusia dan hewan. Bila itu terjadi, berbagai penyakit pun siap mengintai.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Rabu 15 Mei 2024

Berikut ini, penyakit yang berpotensi terjadi pada musim penghujan, yakni diare, ISPA, penyakit kulit, penyakit saluran cerna, demam berdarah (DBD), dan leptospirosis yang disebab­kan oleh bakteri yang disebut lep­tospira.

Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan/bi­natang. Di Indonesia hewan penular terutama adalah tikus melalui kotoran dan air kencing­nya. “Langkah paling mendasar adalah menjaga kebersihan, den­gan menerapkan pola hidup ber­sih dan sehat (PHBS),” terang Ke­pala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rubeah. (Patrick

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================