BHLB O G O R , Today – Ma­h a s i s w a F a k u l t a s Te k n o l o g i Per tan ian, Institut Per­tanian Bogor (IPB) mem­buat inovasi berupa keset anti bakteri berbahan dasar bambu. Keunggulan keset ini yaitu bersifat antibakteri kare­na dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia colli dan Staphylo­coccus aureus.

Keset ini mengandung flavonoid, tannin, alkohol, dan pennyquinone yang mampu menyerap kelembapan air dan bau serta dapat berfungsi seb­agai dekorasi. Tim IPB tersebut terdiri dari Ayu Laila Fitriyani, Tiana Rafmi­wati, Naufal Bayu Prasetyo.

Baca Juga :  Pengertian dan Tata Cara Wudhu

Naufal menyebutkan, kedepannya Naufal dan tim ingin meningkatkan kemampuan antibakteri keset ini agar memiliki daya resistensi lebih tinggi terhadap berbagai jenis mikroba. Tidak hanya bakteri Escherichia colli dan Staphylococcus aureus saja, namun juga banyak jenis bakteri lain yang dapat dihambat pertumbu­hannya. Hal ini dapat dicapai dengan cara mencari kandungan zat tertentu lainnya yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk meningkatkan mutu ke­set antibakteri tersebut.