Untitled-19RICKY ISKANDAR
[email protected]

Baru kali ini Tim Bogor Hejo urung mena­nam pohon di masjid lantaran hujan deras. Namun demikian, ada penjelasan menarik menga­pa masjid-masjid harus dihijau­kan dengan pohon-pohon?

Di Indonesia sendiri cukup banyak masjid yang sangat indah lantaran memiliki taman hijau yang luas dan tertata rapi. Mas­jid-masjid ini perlu ditampilkan agar masyarakat Bogor Raya yang berada di wilayah sangat subur lebih bersemangat membangun taman di pekarangan masjid.

Selama ini banyak halaman masjid di Bogor dibiarkan tan­dus dan gersang. Padahal ma­sih terdapat area terbuka hijau yang cukup luas dan bisa dita­nami. ‘’Masyarakat kita masih kurang begitu peduli terhadap kenyamanan pekarangan rumah ibadah seperti masjid. Padahal, pohon yang rindang di halaman masjid sangat penting agar ling­kungannya terlihat indah dan tampak nyaman,’’ kata Syamsud­did, warga masyarakat yang san­gat cinta masjid hijau.

BACA JUGA :  Penemuan Mayat Lansia Terlungkap Gegerkan Warga Kota Padang

Mungkin masyarakat Bogor perlu melihat beberapa masjid yang memiliki lanskap indah seperti Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Al-Markaz Al- Islam Makassar, Masjid Agung Tuban, Masjid An-Nur Pekan­baru, Masjid Al-Akbar Surabaya, Masjid At-Tin Jakarta, Masjid Kubah Emas Dian Al-Mahri De­pok, Masjid Rahmatan Lil-Alamin Indramayu, dan di Kota Bogor mungkin yang masih cukup hijau Masjid Raya Jalan Pajajaran, dan Masjid At-Ta’awun Puncak, Kabu­paten Bogor.

BACA JUGA :  Kecelakaan Motor Tercemplung ke Sungai Cilacap, Diduga Hilang Keseimbangan

Beberapa mesjid terse­but, menurut Ketua Gerakan BogorHejo-Bogor Today Alfian Mujani, selain sangat indah juga merefleksikan keindahan dan ke­damaian. ‘’Karena itu, selama bu­lan Ramadhan ini Gerakan Bogor Hejo kita fokus lakukan penana­man di masjid-masjid agar mas­jid-masjid di Bogor terasa lebih sejuk dengan banyak pohon. Ya minimal setiap masjid memiliki koleksi pohon buah-buahan di halamannya,’’ katanya.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================