2016-VR46-Riders-Academy-10TAVULLIA– Dua rider Indonesia diproyeksi bakal mengenyam pendi­dikan di Akademi VR46 milik Valen­tino Rossi. Akademi itu sendiri telah menandatangani kerjasama dengan Yamaha, yang meliputi pasokan sepeda motor serta dukungan lain di luar lintasan.

Sebagai imbalannya, pabrikan asal Jepang itu akan mengirim lima pebalap muda berbakat di kelas 250cc dari Asia Road Racing Cham­pionship. Nah, dua diantara lima rider itu berasal dari Indonesia, yakni Galang Hendra Pratama dan Imanuel Putra Pratna.

Yamaha memilih kelima pebalap berdasarkan poin di tabel klasemen AP250, usia, serta beberapa faktor lain. Rencananya, mereka berada di kampung halaman Rossi di Tavullia pada 4 hingga 8 Juli 2016.

Sementara tiga orang sisanya yang akan masuk Aka­demi VR46 ialah, Peerapong Loi­boonpeng (21, Thailand), Soi­chiro Minamimo­to (16, Jepang) dan Kasma Daniel bin Kas­mayudin (16, Malaysia).

Rossi sendiri mengaku senang bisa ikut terjun dalam pembinaan pebalap-pebalap muda di akademi miliknya. Rider Movistar Yamaha ittu pun sudah tak sabar memulai latihan bersama para calon penerusnya itu.

“Saya pribadi sangat senang bisa terjun langsung dalam membantu bakat muda dan saya tidak sabar un­tuk bertemu pembalap Yamaha dan berlatih dengan mereka dan pem­balap-pembalap akademi di VR46 dan di Sirkuit Misano,” jelas Rossi, seperti disadur dari Crash, Senin (13/6/2016).

“Mereka akan menghabiskan satu minggu dengan kami, satu kereta dengan kami, mengikuti program-program yang sama setiap hari, di trek dan di gym. Ini tidak akan mudah bagi mereka, tapi saya yakin kami akan berse­nang-senang! Ini akan menjadi minggu yang indah dan me­nyibukkan,” lanjutnya. (Ri­shad/Net)

Bagi Halaman