Untitled-15RICKY ISKANDAR
[email protected]

Masjid Baitul Ma’mur di Cilibende RW4 Bogor Baru, bu­kan masjid besar. Tetapi mesjid ini sangat nyaman dan sejuk. Mungkin karena lo­kasinya yang berada di dekat sungai dan sumber mata air.

‘’Dulunya ini mushola kecil. Namun kemudian dikembang­kan menjadi masjid setelah mendapat tanah wakaf seluas 350 meter dari keluarga almar­hun H. Ma’mur,’’ kata Ketua RW 4 Cilibende, Bogor Baru En­cep Sudarman sesaat sebelum acara menanam pohon bersama BogorHejo-Bogor Today, di hala­man Masjid Baitul Ma’mur, Senin (13/6/2016).

Jumlah pohon yang ditanam Tim Bogor Hejo tak banyak, hanya beberapa pohon buah saja. Sebab, lingkungan Mas­jid Baitul Ma’mur masih sangat hijau. Di halaman depan ter­dapat pohon dukuh, di belakang masjid terdapat banyak pohon besar dan mata air yang terus menggelontorkan air jernih dan dingin. ‘’Mata air ini tak pernah berkurang debit airnya meski musim kemarau,’’ kata Encep yang juga imam masjid Baitul Ma’mur.

Baca Juga :  Perkumpulan Gagas Nusantara Gelar Diskusi Polemik Kenaikan BBM

Encep dan warga di sekitar masjid ini sangat sadar betapa pentingnya pohon untuk kehidu­pan. Air bersih nan jernih yang mereka nikmati setiap hari dari sumber mata air adalah berkat pohon-pohon di kawasan itu tetap terjaga. ‘’Kami ingin di ba­gian depan masjid, tepatnya di pinggir sungai ditanami pohon buah-buahan. Namun sayang sebagian sudah ditembok,’’ kat­anya.

Untuk menjaga agar ling­kungan di sekitar Masjid Baitul Ma’mur tepat sejuk, nyaman dan hijau, pengurus masjid bersama warga setempat terus berupaya menjaga pohon-pohon di seki­tar masjid tumbuh subur. Di beberapa rumah sekitar masjid juga tampak ditanami pohon buah-buahan seperti sawo dan mangga.

Baca Juga :  Jadi Sumber Air Baku, Dirut Perumda Tirta Pakuan Lakukan Giat Susur Sungai Ciliwung 

‘’Tanah di daerah sini sangat subur. Pohon apa saja kalau dita­nam di sini kemungkinan besar tumbuh dengan baik,’’ kata En­cep yang tampak terus berupaya menjaga agar lingkungan sekitar masjid itu terbebas dari sam­pah. Di sana juga terdapat papan peringatan agar warga tak mem­buang sampah ke aliran sungai depan masjid.

Hadir dalam acara penana­man pohon kali ini dari Tim Bo­gor Hejo Alfian Mujani (Pemred Bogor Today), Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, dan Amalia Dian Puspitasari (Amel). Sejum­lah warga setempak ituk ber­gabung dalam acara tanam po­hon ini. (*)

Bagi Halaman