Untitled-16TAHUN 2009 menjadi langkah awal yang tak terlupakan bagi sepasang suami istri, Riyadi dan Suwarni. Setelah sang suami memutuskan berhenti bekerja di daerah Depok, pengalaman bekerja serta kemahiran Riyadi dalam bidang kayu menuntun langkahnya untuk berani membuka usaha mebel.

Oleh : Winda Herviana
[email protected]

Mebel Prima Jati mem­buka showroom be­serta bengkel mebel di lokasi Jalan Raya Karadenan Nomor 24, Bogor. Le­tak toko yang berada di pinggir jalan dengan spanduk yang cu­kup besar membuat tempat ini mudah untuk ditemui.

Suwarni, disela-sela kegiatan­nya menceritakan awal mula keduanya membuka usaha ialah fokus pada kitchen set. Namun lambat laun keduanya sepakat untuk terjun pada usaha mebel.

Diakui Suwarni, sebagian usahanya ini merupakan hasil produksi yang dibuat oleh Ri­yadi beserta empat tenaga pe­kerja yang dimilikinya. “Seba­gian yang kami jual adalah hasil buatan kami sendiri. Selebihnya kami lakukan pembelian barang langsung dari Jepara,” tutur Su­warni kepada BOGOR TODAY.

Suwarni bercerita, tak mu­dah memang membuka usaha sendiri. Perlu keyakinan serta modal yang cukup besar untuk memutar bisnis mebel miliknya. Awal mula membuka usaha ini, Suwarni menuturkan meng­gelontorkan dana untuk modal awal hingga Rp 50 juta.

“Memang modal awal yang cukup besar. Kami pun mengan­dalkan pinjaman ke bank saat itu,” terangnya.