paris-honda-civic-type-r-1Honda mencoba membuktikan performa Civic Type R. Mobil itu telah mencatatkan rekor mobil berpenggerak roda depan tercepat di lima sirkuit di Eropa.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

Lima sirkuit yang menjadi saksi kecepatan Civic Type R adalah Silverstone di Inggris, Circuit de Spa-Francorchamps di Belgia, Autodromo Nazionale Monza di Italia, Autodromo do Estoril di Portugal dan Hungaroring di Hungaria.

Honda melakukan dua kali percobaan di Sirkuit Silverstone dalam kondisi lintasan basah dan kering. Dengan Matt Neal sebagai jokinya, Honda Civic Type R mencatat waktu 2 menit 44,,45 detik di lintasan basah Silverstone dan 2 menit 31,85 detik di lintasan kering Silverstone.

Sementara di Circuit de Spa-Francorchamps, Rob Huff sebagai pengemudinya berhasil mencatat 2 menit 56,91 detik. Di Autodromo Nazionale Mon­za dengan Norbert Michelisz sebagai pebalapnya mencatat waktu 2 menit 15,16 detik.

Bruno Correia yang mengemudikan Civic Type R sukses menoreh waktu 2 menit 04,08 de­tik. Dan Norbert Michelisz di Hungaria mencatat 2 menit 10,85 detik.

Semua waktu tersebut dicatat oleh Civic Type R versi produksi massal. Mobil itu didukung mesin 2.0 liter empat silinder VTEC TURBO bertenaga 305 daya kuda dengan torsi 400 Nm.

Rekor ini seakan membungkam pesaing Civic Type R, VW Golf GTI Clubsport S. Sebelumnya, VW Golf GTI Clubsport S sempat melampaui rekor yang dipecahkan Civic Type R di Nurburgring pada Mei lalu. Civic Type R telah menyabet gelar di Nürburgring pada Mei 2014 dengan catatan waktu 7 menit 50 detik. Namun rekor itu dilampaui VW Golf GTI Clubsport S yang menorehkan waktu 7 menit 49,21 detik.

Diluncurkan setahun yang lalu, Honda Civic Type R mewakili semangat baru dalam mobil performa Honda. (NET)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================