Untitled-11ALFIAN MUJANI
[email protected]

Masjid Jami Daarus­salaam Taman Yasmin Sektor 2 merupakan satu dari sedikit masjid di Kota Bogor yang memiliki ruang hijau terbuka sangat luas. Ruang terbuka hijau ini tetap dipertah­ankan, bahkan dipelihara dengan sangat baik.

‘’Kami warga di sekitar Mas­jid Daarussalaam sepakat untuk mempertahankan ruang hijau ter­buka, agar lingkungan masjid tam­pak hijau dan terasa sejuk,’’ kata Ny Indrawati Syaiful Ramadhan, isteri dari Ketua DKM Masjid Daa­russalaam, Syaiful Ramadhan di sela-sela acara penanaman pohon buah-buahan bersama Tim Bogor Hejo di halaman masjid, Kamis (16/6/2016).

Padahal, lanjut Indrawati yang juga orang Kehutanan ini, jumlah jamaah Masjid Daarussalaam terus bertambah. Pada saat solat Jumat, ruang utama masjid sudah tak cukup menampung jamaah. Bahkan pada bulan Ramadhan ini, solat Subuh pun jumlah jamaahnya selalu ban­yak. ‘’Apalagi nanti 10 malam terakh­ir bulan Ramadhan ini, masjid selalu dipenuh jamaah i’tikaf,’’ katanya.

BACA JUGA :  Diduga Dibunuh, Pasutri di Banten Ditemukan Tewas Membusuk Penuh Luka

Mengapa ruang hijau terbuka tetap dipertahankan oleh para jamaah Masjid Daarussalaam? Ternyata selain warga setempat menginginkan lingkungan mas­jid yang hijau dan sejuk, ruang terbuka juga sangat bermanfaat pada saat masjid memiliki event keagamaan yang cukup besar. Se­bagai contoh pada perayaan hari Idul Qurban, ruang terbuka ini sangat bermanfaat untuk peny­embelihan dan pembagian hewan kurban kepada warga.

Dengan sikap warga dan jamaah masjid yang konsisten mempertah­ankan ruang terbuka hijau, maka ta­man Masjid Daarussalaam pun tam­pak tertata rapi. Di pinggir halaman tampak pohon-pohon aneka buah yang sudah tumbuh besar dan bah­kan ada yang sudah mulai berbuah. Tim Bogor Hejo-Bogor Today send­iri hanya menambah empak po­hon buah yakni buah citrus (jeruk) sumbangan dari Citrus Department Store, jambu jamaika dan pohon sirsak sumbangan dari Paguyuban Budiasi binaan Mayjen TNI Doni Mo­nardo (Pangdam Patimura).

BACA JUGA :  Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 26 Maret 2024

Jumlah warga yang ikut mena­nampun tak banyak, hanya be­berapa orang saja yakni Indrawati Syaiful Ramadhan, Nanda Asyura, putri dari Ketua DKM Masjid Daa­russalaam Syaiful Ramadhan, para pengurus masjid, Tim Bogor Hejo Amalia Dian Puspitasari (Amel) Ricky Iskandar, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, dan Pemimpin Redaksi Surat Kabar Harian Bogor Today Alfian Mujani.

Acara penanaman berlangsung sangat singkat karena Ny Indrawati dan Nanda Asyura akan menyiap­kan buka. Sementara Tim Bogor Hejo juga akan mengikuti acara buka di tempat lain. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================