ukrainLYON– Irlandia Utara menore­hkan sejarah pada Euro 2016. Ya, tim debutan itu untuk per­tama kali sepanjang sejarah mampu menang dalam turna­men sepakbola paling akbar seantero benua biru usai men­galahkan Ukraina 2-0 di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (16/6/2016) malam WIB.

Irlandia Utara mengawali kiprahnya dengan kurang oke. Mereka kalah 0-1 dari Polandia pada laga pertama, Minggu (12/6/2016) lalu.

Namun, Irlandia Utara bangkit pada laga kedua. Tim besutan Michael O’Neill itu menang 2-0 berkat gol Gareth McAuley pada menit ke-49 dan Niall McGinn di injury time.

Baca Juga :  Gubernur Jabar Sampaikan Duka Mendalam Tragedi Kanjuruhan

Selain menjadi kemenan­gan perdana Irlandia Utara di putaran final Piala Eropa, ke­menangan ini juga merupakan kemenangan pertama mereka di turnamen besar sejak men­galahkan Spanyol pada Piala Dunia 1982.

Sementara itu, McAuley menjadi pemain Irlandia Utara pertama yang mencetak gol di turnamen besar sejak Colin Clarke menjebol gawang Spa­nyol di babak penyisihan grup Piala Dunia 1986.

“Kami punya sesuatu untuk dibuktikan kepada diri kami sendiri. Ini menyenangkan. Kami sudah ditunggu sebuah pertandingan berat, tapi kami senang. Banyak orang yang mengatakan kami tidak akan mendapatkan satu poin pun,” ujar McAuley kepada ITV.

Baca Juga :  750 Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan Laga Timnas Indonesia Lawan Curacao

“Kemenangan ini akan membuat para pemain per­caya diri karena kami sebe­lumnya dipandang sebelah mata,” kata bek West Brom­wich Albion itu.

Irlandia Utara kini menem­pati posisi ketiga di klasemen Grup C dengan tiga poin dari dua laga. Mereka akan berte­mu Jerman pada laga berikut­nya, Selasa (21/6/2016) men­datang. (Rishad/Net)

Bagi Halaman