Untitled-7RICKY ISKANDAR
[email protected]

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari keg­iatan menanam pohon di masjid-masjid selama Ramadhan. Paling tidak, Tim Bogor Hejo mendapat pencera­han dari para ustadz dan ketua tak­mir masjid yang dengan sukarela menjelaskan ayat-ayat yang terkait dengan upaya pelestarian lingkun­gan, terutama penanaman pohon.

‘’Allah telah memberikan be­gitu banyak fasilitas dan kemuda­han bagi umat manusia dan mahluk hidup lainnya. Diantaranya adalah keindahan alam dengan segala man­faatnya,’’ kata Ketua DKM Masjid Masy’a Villa Mutiara, Mekar Wangi, Kecamatan Tanah Sareak, Kota Bo­gor, Minggu (19/6/2016)

Namun, lanjut Ustadz Maktub yang juga Kepala KUA itu, umat ma­nusia dilarang merusak keindahan alam tersebut. ‘’Dan, janganlah eng­kau membuat kerusakan di muka bumi,’’ katanya mengutip terjemaa­han dari salah satu ayat Alquran.

Menurut Ustadz Maktub, tugas manusia sebagai khalifah adalah menjaga kelestarian alam dengan cara memelihara alam, menanam pohon, dan mencegah kerusakan lingkungan. ‘’Bagi kita umat Islam, menjaga kelestarian lingkungan ini hukumnya wajib. Jika kerusakan alam ini dibiarkan, akan menjadi bencana,’’ katanya.

BACA JUGA :  APA ITU PATOLOGI ANATOMIK (PA)

Hadir dalam acara penanaman pohon buah-buahan ini antara lain Pemimpin Redaksi SKH Bogor To­day Alfian Mujani, para pengurus Masjid Masy’a antara lain Heru Budi Setiyawan, relawan Bogor Hejo Amalia Dian Puspitasari, Tato Mar­sito, dan para pemuka serta kasepu­han Villa Mutiara.

‘’Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Su­rat Kabar Harian Bogor Today den­gan gerakan Bogor Hejo-nya yang giat melakukan penanaman pohon setiap hari,’’ kata Maktub.

Menurut dia, menanam pohon dan memelihara kelestarian ling­kungan merupakan kegiatan yang memiliki nilai ibadah. ‘’Tugas kita sebagai khalifah kan menghamba dan beribadah,’’ katanya.

Sebelumnya Alfian menjelaskan bahwa kegiatan menanam pohon yang dilakukan setiap hari ini di­maksudkan untuk menjaga lingkun­gan agar tetap hijau, asri dan sejuk. ‘’Selain itu, menurut pemahaman saya, pohon memiliki kedudukan yang sangat penting dalam kehidu­pan mahluk, terutama umat manu­sia,’’ katanya.

BACA JUGA :  Tambah Daya Ingat dengan 5 Minuman Ini, Bikin Lebih Fokus dan Produktif

Begitu pentingnya peranan po­hon dalam kehidupan mahluk, lan­jut Alfian, dalam Alquran Allah tak kurang dari 25 kali menyebut kata sajar yang artinya pohon. ‘’Lebih dari itu, menanam pohon menga­jari kita untuk lebih optimis dalam memberikan manfaat bagi kehidu­pan orang banyak,’’ katanya.

Acara penanaman pohon itu sendiri berlangsung singkat. Edu­kasi pohon lewat kuis pohon tetap dibawakan Amel, panggilan Amalia Dian, meski hanya memberikan tiga hadiah, yakni dua paket sem­bako dari Yayasan Indera Surya dan satu payung sumbangan dari Bank Jabar Banten (BJB). (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================