20150127_105237-54c7726e859ddBOGOR TODAY – Jelang arus mudik Lebaran tahun 2016, Di­nas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor mulai melakukan pengawasan dan pemeriksaan uji kelaikan ang­kutan umum terlebih bus dan angkot yang dalam waktu dekat akan melayani para pemudik ke sejumlah daerah di Indone­sia.

“Menjelang lebaran kami akan periksa kendaraan-kend­araan yang digunakan mudik Lebaran. Pemeriksaan kenda­raan ini akan kami lakukan pada H-14 sampai H+7 lebaran nanti. Tentu dengan tujuan memberikan keamanan dan ke­selamatan selama arus mudik dan balik,” tutur Kepala Seksi (Kasi) Pengujian Kendaraan Bermotor DLLAJ Kota Bogor, Anwar Sulaiman kemarin.

BACA JUGA :  Bejat, Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang hingga Hamil dan Melahirkan

Pemeriksaan kendaraan tersebut, mengacu kepada standarisasi atau Standard Operational Prosedural (SOP) diantaranya pemeriksaan fisik berupa kembangan ban, sistem pengereman, sistem kemudi, lampu-lampu, kelengkapan P3K termasuk nomor uji dan nomor sasis yang akan dicocok­kan.

Ia juga menambahkan, DL­LAJ akan fokus melakukan pemeriksaan armada bus di ma­sing-masing pool dan agen bus terutama yang melayani Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), sementara untuk pemeriksaan lainnya akan dilakukan DLLAJ di Terminal Bus Baranangsiang.

BACA JUGA :  Ini Daftar 16 Atlet Indonesia di Olimpiade Paris 2024

“Nanti juga di Terminal Ba­ranangsiang akan didirikan pos­ko terpadu. Selain pemeriksaan terhadap armada bus, kami juga akan memeriksa kesehatan dan tes urine kepada para awak bus­nya dengan menggandeng Dinas Kesehatan Kota Bogor. Langkah ini sebagai antisipatif dan mem­berikan keamanan dan nyaman­an untuk mereka sendiri dan para pemudik,” papar Anwar. (Abdul Kadir Basalamah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================