BOGOR TODAY– Bulan Rama­dan merupakan bulan yang pal­ing suci bagi umat Islam. Dua pe­kan sudah mereka berpuasa. Tak hanya lapar dan dahaga yang di­tahan, melainkan juga menahan amarah pun tak luput dari keg­iatan di bulan yang penuh ampu­nan ini. Selain itu, rupanya ada salah satu kegiatan yang menjadi ciri khas dan selalu ditunggu-tunggu ketika Ramadan datang, yakni berburu takjil menjelang buka puasa atau biasa dikenal dengan sebutan ngabuburit.

Baca Juga :  Manfaat Telur untuk Kesehatan, Bantu Diet hingga Kesehatan Mata

Istilah ngabuburit memang lekat dari bulan Ramadan. Jika waktu sore tiba, maka segerom­bolan muda-mudi siap berjalan-jalan sore sambil memilih kuda­pan yang lezat untuk dimakan ketika azan Magrib berkuman­dang. Tak hanya kudapan yang dijual, beberapa pedagang pun menjual beraneka lauk-pauk be­serta sayurnya.

Salah satu sentral tempat berburu takjil di Bogor ialah di Perumahan Yasmin. Salah satu sisi di dalam Perumahan Yasmin yang disebut bundaran Yasmin selalu dipadati oleh para peda­gang dan pembeli ketika waktu ngabuburit tiba. Para pedagang mulai menjajakan dagangannya pukul empat sore. Mulai dari jajanan pasar, seperti kue cu­bit, kue ape, otak-otak, cakue, pisang cokelat Lumer, hingga jajanan khas Ramadan, seperti kolak pisang dan kerupuk mi. Tak ketinggalan juga lauk pauk, seperti ayam bakar dan juga sa­yur mayur.