BOGOR, Today – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) meluncurkan Lem­baga Beasiswa Baznas (LBB). Menurut Direktur Amil Zakat Nasional Baznas, LBB lahir untuk memberikan layanan program-program pendidikan gratis bagi mustahik. Ia juga dibentuk un­tuk menjawab berbagai permasalahan pendidikan, seperti soal pemerataan, sistem pendidikan, dan mutu tenaga pendidikan.

“LBB akan mewadahi berbagai program beasiswa Baznas yang selama ini masih berjalan secara parsial,” ujar Arifin dalam acara Peluncuran LBB.

Dengan moto Satu Keluarga Satu Sarjana, Baznas ingin mendorong setiap keluarga Indonesia yang ti­dak mampu dapat menyekolahkan anaknya hingga lulus sarjana. Baznas menargetkan akan memberikan bea­siswa kepada 2000 penerima manfaat setiap tahunnya.

Muhammad Iman Damara dari Divisi Pendistribusian dan Pendaya­gunaan Baznas menjelaskan dalam hal ini Baznas bermitra dengan dela­pan kampus terkemuka di Indonesia, yaitu Universitas Indonesia, Univer­sitas Padjajaran, Insitut Teknologi Bandung, Universitas Gajah Mada, Institut Pertanian Bogor (IPB), Insti­tut Teknologi Surabaya, Universitas Terbuka, dan Universitas Diponegoro.

Tak hanya itu, LBB akan mem­berikan pendanaan pendidikan bagi para asnaf fakir, miskin dan fii sabi­lillah dari jenjang dasar, menengah, sarjana hingga pascasarjana. Selain pendanaan, juga diberikan pembi­naan bagi para peserta agar sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai. LBB juga akan mendirikan Pusat ka­jian Pendidikan (Laboratorium kuri­kulum, pusat training mengajar, advo­kasi pendidikan, dan kegiatan lainnya yang mendorong pengembangan dan kemajuan pendidikan). Selain itu, Baznas juga akan mendirikan Seko­lah Terpadu Baznas. (Latifa Fitria)- (ed:Mina)

Bagi Halaman