FOTO-INTERNASIONAL--PULAU-BUATANPALESTINA TODAY– Israel be­rencana membangun sebuah pulau buatan di jalur Gaza. Pu­lau yang akan dilengkapi bandar udara, pelabuhan, dan mungkin juga hotel diperuntukan untuk warga Palestina.

Proposal untuk memban­gun pulau buatan manusia yang memakan biaya US$ 5 miliar atau Rp 66,3 triliun sudah di tan­gan Perdana Menteri Israel Ben­jamin Netanyahu. Hanya saja belum ada jawaban.

“Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sedang menjajaki opsi, namun belum membuat keputusan,” kata Menteri Inteli­jen Israel yang mempromosikan rencana pembangunan pulau buatan ini, Israel Katz, kemarin.

Katz mengatakan pihaknya juga sedang mencari mitra untuk mendanai pembangunan pulau itu. Arab Saudi dan Cina diperkira­kan bersedia membangun pulau itu bermitra dengan pengusaha Israel. Menariknya, alasan menga­jak Saudi bermitra itu cukup aneh sebab Israel tak punya hubungan resmi dengan Saudi.

Untuk menemukan mitra, Katz bahkan telah melayang­kan proposal kepada Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Pulau buatan ini memiliki luas sebesar empat mil persegi. Letaknya sekitar tiga mil dari garis pantai yang terhubung lang­sung dengan lahan milik Israel dengan jembatan berlajur dua.