Bibin menilai, harmonisasi ma­hasiswa senior dan junior telah di­lakukan dalam berbagai kegiatan seperti saat proses ospek mahasiswa baru. Salah satunya kegiatan Pen­didikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) yang mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan sambil men­junjung tinggi silih asih, silih asah, dan silih asuh di lingkungan kampus.

Menurut Bibin dengan kegiatan PPBN , mahasiswa secara tidak lang­sung diajarkan cara intlektual yang sesungguhnya dengan mengede­pankan pola pikir yang positif. Ma­hasiswa mampu memahami dan menghayati pengertian bela negera yang sesungguhnya dan jauh dari si­fat anarkis.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

Untuk mengantisipasi tindak kekerasan, tambah Bibin, Unpak melarang adanya kegiatan Ospek di luar kampus. Tindakan tegas telah dilakukan saat mahasiswa baru ma­suk dengan menandatangani surat pernyataan jika sampai melanggar tata tertib akan dijatuhi sanksi.

Bibin mengatakan acara ini merupakan komitmen dari para pendiri Universitas Pakuan yang mayoritas tentara, terutama Waliko­ta Bogor di era 80-an, Kolonel Ah­mad Syam yang menginginkan para lulusan Universitas Pakuan mempu­nyai jiwa patriotisme, berwawasan kebangsaan, dan cinta tanah air.

BACA JUGA :  Siapkan Sekolah Gratis, Sahira Hotels Group Gandeng PKBM Bakti Nusa

“Komitmen itu diwujudkan den­gan diadakannya Pendidikan Penda­huluan Bela Negara bagi para maha­siswa baru Universitas Pakuan dan saat ini sudah angkatan ke-15,” jelas Bibin.

“Kegiatan ini berguna untuk mengeleminir kegiatan negatif yang bersifat perpeloncoan karena tidak menghormati hak dan martabat ma­nusia,” lanjut Bibin. “Apabila masih ada perpeloncoan maka para pelaku akan mendapat sanksi yang tegas.” Saat ini Program Pengenalan Sistem Perguruan Tinggi (P2SPT) yang dipakai menggantikan OSPEK lebih bersifat akademis. (ed:Mina)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================