67099572JAKARTA TODAY– Direk­tur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Adityawarman mengimbau pemudik tak menggunakan tempat peris­tirahatan (rest area) di jalan tol untuk menghindari kema­cetan.

“Masyarakat jangan ber­harap pada rest area kami, karena itu bikin kemacetan,” kata Adityawarman di Kom­pleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, (22/06/2016).

Menurut Adityawarman, selama ini banyaknya pe­mudik yang berhenti di area peristirahatan jalan tol mem­buat lalu lintas menjadi pa­dat. Banyaknya mobil yang keluar-masuk area peristira­hatan mengakibatkan kema­cetan parah terjadi.

Adityawarman meminta pemudik menyiapkan ma­kanan yang cukup dan mem­bawa bahan bakar cadangan agar tidak perlu masuk ke area peristirahatan di jalan tol.

Selain imbauan tersebut, Adityawarman mengaku su­dah menyiapkan beberapa langkah untuk mengantisipa­si kemacetan. Salah satunya menerapkan sistem buka-tutup di sejumlah ruas jalan tol, khususnya Cikampek. Ke­padatan di jalan tol, kata dia, diprediksi mulai terjadi pada H-3 Lebaran.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih mengandalkan cara yang sama untuk mere­kayasa jalan dan mengurai kemacetan. “Masih contra-flow,” kata Adityawarman.

Jasa Marga memberlaku­kan buka-tutup arus jalan tol karena, saat masa mudik Lebaran, arus jalan menjadi tak seimbang. Karena kepa­datan akan terjadi dari arah barat Pulau Jawa, khususnya Jakarta, satu jalur ke arah Jakarta akan dimanfaatkan untuk sistem buka-tutup ini. “Sehingga bisa empat-dua,” ucapnya.

BACA JUGA :  Kebakaran Hebat Hanguskan Toko Mainan di Pasar Raya Padang

Selain Cikampek, ada be­berapa ruas jalan tol yang ru­tin dipadati pengguna pada masa mudik Lebaran. Jalan-jalan tersebut antara lain ja­lan Tol Cirebon, Cipularang, dan Ciawi. Namun, menurut Adityawarman, kepadatan tertinggi tetap terjadi di jalan tol Cikampek.

Kepadatan jalan, ujar Adi­tyawarman, akan mulai ter­jadi pada h-3 Idul Fitri. “Ma­kanya keempat jalan tol itu harus diperhatikan betul,” kata dia.

Terkait dengan kesiapan jalan tol untuk menghadapi masa mudik, Adityawarman menyatakan kesiapan Jasa Marga sudah 100 persen. Ia mengaku semua jalan sudah diperbaiki dan semua sarana sudah disiapkan dengan baik. “Tim kami turun untuk me­meriksa setiap hari,” tuturnya.

Untuk mencegah kepa­datan jalan, Adityawarman mengimbau masyarakat yang mudik mengisi penuh bahan bakarnya lebih dulu. Kalau perlu, bawa juga bahan ba­kar sebagai cadangan. Selain itu, ia berpesan masyarakat membawa makanan di dalam mobil untuk meminimalkan frekuensi berhenti di tempat peristirahatan.

Adityawarman mengung­kapkan, dari tahun ke tahun, sedikitnya ada empat ruas jalan tol yang patut diwaspa­dai karena lalu lintasnya akan meninggi selama mudik Leb­aran. “Cikampek yang traf­fic-nya paling tinggi,” ujarnya.

BACA JUGA :  Mengaku Kerasukan, Ibu Kandung di Kupang NTT Potong Tangan Balita 3 Tahun

Selain itu, Adityawarman melanjutkan, ada beberapa ruas jalan tol yang rutinnya dipadati pengguna pada masa mudik Lebaran. Jalan-jalan tersebut antara lain jalan tol Cirebon, Cipularang, dan Cia­wi. Namun, ia menegaskan, kepadatan tertinggi tetap ter­jadi di jalan Tol Cikampek.

Adityawarman mem­perkirakan kepadatan di ruas jalan tol akan berlangsung mulai tiga hari menjelang Idul Fitri. “Makanya keempat jalan tol itu harus diperhati­kan betul,” tuturnya.

Terkait dengan kesiapan menghadapi masa mudik, Adityawarman menyatakan Jasa Marga sudah siap 100 persen. Semua jalan diklaim sudah diperbaiki dan semua sarana sudah disiapkan den­gan baik. “Tim kami turun untuk memeriksa setiap hari,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi pa­datnya lalu lintas di empat ruas jalan tol ini, Adityawar­man mengimbau masyarakat yang mudik mengisi penuh bahan bakar lebih dulu. “Ka­lau perlu, bawa juga bahan bakar sebagai cadangan,” ka­tanya. Selain itu, ia berpesan masyarakat turut membawa makanan di dalam mobilnya agar meminimalkan frekuensi berhenti di tempat peristira­hatan.(Yuska Apitya/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================