DSC_0041LANGKAH Pertamina untuk menggenjot market dan omzet penjualan selama Ramadan dan Lebaran mendatang benar-benar dikebut. Salah satunya adalah dengan ekspansi bisnis di pedesaan.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Adalah Hakanna dan Handiana yang membu­ka Stasiun Pengisian Ba­han Bakar Umum (SPBU) di Jalan Veteran III, Nomor 8, Desa Banjarsari, Kecamatan Ciawi, Ka­bupaten Bogor. Kedua kakak be­radik ini menggandeng Pertamina untuk mengakomodir kebu­tuhan BBM warga Kabu­paten Bogor.

Keduanya mengaku b a r u pertama kali terjun ke dalam bis­nis SPBU, dan waktunya memang sangat tepat bagi mereka mem­buka SPBU dilokasi itu menjelang detik-detik mendekati Lebaran. Karena hanya SPBU yang berada dibawah naungan PT Bogor Agung Perkasa ini satu-satunya yang ada di jalur alternatif jalan menuju ke ka­wasan Puncak.

Mereka mengatakan, target lo­kasi penempatan stasiun bahan ba­kar ini di tentukan oleh pihak Per­tamina. Mereka mengaku optimis target bakal tercapai. “Kalau tempat yang menentukan adalah Pertam­ina, Pertamina menilai lokasi ini tepat untuk dilengkapi sarana dan prasarananya sebab kawasannya berada di pelosok. Jadi masyarakat mudah mendapatkan bahan bakar,” kata Hakanna sebelum melakukan soft launching SPBU, kemarin.

Apalagi, sambung Hakanna, lo­kasi yang dipilihkan oleh Pertamina ini mencangkup tujuh akses keca­matan yang ada di Kabupaten Bogor di wilayah itu. “Jadi SBPU motor ini bukan hanya bisnis saja, tetapi juga melengkapi kebutuhan masyarakat disini. Karena akses mereka untuk ke SPBU di jalur besar itu lumayan jauh,” tuturnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Serundeng Jawa Anti Gagal, Wajib Coba!

Dalam kesempatan itu, Hakanna memamerkan beberapa fasilitas yang ada di SPBU motor nya itu, seperti ATM, mushola dan menye­diakan bahakn bakar gas. “Kami tidak hanya menjual bahan bakar minyak (BBM) pertalite dan perta­max dengan kapasitas 20 ribu liter, disini juga menyediakan penjualan bahan bakar gas LPG 12 kilogram, 3 kilogram, bright gas dan minyak pelumas,” kata dia.

Pun begitu, pihaknya akan berkomitmen terus memfasilitasi kebutuhan pengguna jalan pada saat Lebaran tiba. “Ada penamba­han stok, tapi saya belum bisa me­mastikan berapa jumlah liternya, tetapi kami usahakan agar BBM disi­ni tidak pernah kosong,” terangnya.

Untuk jam operasional, sam­bungnya, SPBU ini akan beroperasi mulai pukul 05:00 – 22:00 WIB, namun tergantung dengan kondis­inya, jika kebutuhannya BBM ban­yak maka jam akan dibuat beberapa shift hingga SPBU dapat melayani selama 24 jam.

BACA JUGA :  Resep Membuat Mango Sago di Rumah Dijamin Anti Gagal

Kedepan, kata Hakanna, akan dilakukan ekspansi SPBU baru di wilayah Bogor, hanya saja ia dan Handiana masih enggan untuk ber­bagi dimana letaknya sebab itu ma­sih dalam tahap proses. “Pokoknya masih di Kabupaten Bogor, tetapi nanti saja saya kasih tahu titiknya biar kejutan,” ujarnya.

Sementara itu, Sales Area Per­tamina Wilayah Bogor dan Depok, Mardian mengakui SPBU ini baru pertama kali dan memang satu-sat­unya yang ada di Bogor. “Untuk di Bogor ini baru SPBU motor ini baru satu-satunya dan pertama kali,” urai Mardian.

Mardian mengatakan, pertum­buhan pemilik motor itu terus me­ningkat, disatu sisi lokasi ini juga masih cangkupan wilayah Bogor dan tidak mudah diakses truk-truk besar, namun masih bisa dilalui oleh mobil-mobil keluarga.

Selain itu, juga dapat mengu­rangi adanya penjualan BBM eceran yang dijual di setiap pinggir jalan. “Kami mencoba mengembangkan salah satu lokasi terpencil di Bogor, dengan begini penjual pengecer juga bisa berkurang. Untuk pengi­sian stasiun sendiri kami memiliki mobil khusus, lain dengan dengan mobil tangki pengisian SPBU biasan­ya,” tandasnya.(*)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================