Untitled-6CIBINONG, TODAY– Jelang arus mudik lebaran 2016, Pen­erangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah ruas jalan Kabupat­en Bogor, masih gelap gulita. Pasalnya, ada keterlambatan pengiriman komponen PJU di jalan alternatif Transyogi, Ke­camatan Jonggol.

Kepala UPT ESDM Wilayah I Cibinong, Gunawan mengaku, proses lelang melalui e-katalog sudah dilakukan untuk jalur Alternatif Transyogi. Namun, hingga kini terkendala pen­gadaan yang belum datang. “Jalur alternatif yang biasa di­gunakan itu jalur Transyogi, Jonggol, itu karena komponen lampu yang berbeda makanya perlu pengadaan lagi,” katanya.

Menurutnya, jalur alternatif bakal memiliki 260 unit PJU baru yang tersebar. Nantinya, proyek pengerjaan PJU tersebut dimulai dari perbatasan jembat­an Cileungsi hingga Tanjungsari.

“Untuk Hari Raya Idul Fitri, kemungkinan belum terpasang. Tapi untuk pembangunan PJU baru sebenarnya kewenangan­nya berada di Dinas Energi Sum­ber Daya Mineral (ESDM) Kabu­paten Bogor,” lanjutnya.

BACA JUGA :  135 Pelaku UMKM di Kota Bogor Ikuti ‘UMKM Naik Kelas’

Untuk kawasan kecamatan Sukaraja, ada beberapa titik yang menjadi prioritas untuk pembangunan PJU baru. “Ada 26 titik PJU yang baru dan akan dipasang di perbatasan Cijay­anti, saat ini belum ada peruba­han,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan pemeli­haraan juga tersebar di ruas ja­lan Alternatif Gununggeulis, 20 titik ke arah Kecamatan Baba­kanmadang.

“Keseluruhan ada 1.170 unit, terbagi di setiap desa sebanyak 20 unit untuk pemeliharaan. Dari jumlah unit pemeliharaan nantinya terbagi 13 Kecamatan, minimal untuk menekan tindak kejahatan yang mungkin terjadi lantaran faktor jalan yang ge­lap,” tegasnya.

Sementara Camat Sukaraja, Raden Makmun Nawawi sem­pat meninjau titik-titik wilayah yang kemungkinan akan dipa­sang PJU di Desa Cimandala, Kecamatan Sukaraja. “Desa Cimandala, kalau untuk kota kecamatan harus ada manfaat untuk masyarakatnya. Saya mau ada pemasangan PJU, tidak hanya dijalan, tetapi dibelakang sampai ke gang-gang juga harus terang,” ujarnya.

BACA JUGA :  2 Kelompok Tani di Kota Bogor Dapat Bantuan Alsintan Pompa Air

Berdasarkan surat penga­juan, kata dia, akan terpasang 15 titik PJU secara bertahap dalam waktu dekat tiga unit. “Sebe­lum lebaran akan dipasang,” ujarnya.

Camat yang akrab disapa Aden ini memastikan pem­bangunan jembatan Dharmais yang rusak akan segera diper­baiki tahun ini dengan angga­ran Rp 900 juta. “Jalan Oase dan stadion mini juga akan dibangun, tempatnya masih tentif disekitar Desa Cijujung dan Desa Cikeas,” pungkasnya.

(Rishad Noviansyah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================