Untitled-10RICKY ISKANDAR
[email protected]

Siapapun pasti tahu Ma­drasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bogor. Se­lain letak bangunannya dekat dengan Terminal Baranangsiang di Jalan Pajaja­ran, juga reputasi akademiknya yang sangat moncer. Bahkan di bidang lingkungan hidup, MAN 2 merupakan sekolah rintisan Adi­wiyata dengan standar wawasan lingkungan yang baik.

‘’MAN 2 Kota Bogor sudah lama mengikuti program seko­lah rintisan adiwiyata. Karena itu, jumlah pohon dan tingkat kebersihan di sekolah ini sangat baik,’’ kata Wakil Kepala Seko­lah Bidang Humas MAN 2 Kota Bogor Lina Rosalina dalam sam­butannya sebelum melakukan penanaman pohon bersama Bo­gor Hejo-SKH Bogor Today di ta­man sekolah, Rabu (22/6/2016)

Itu sebabnya, meski letak ge­dung MAN 2 sangat dekat den­gan Terminal Baranangsiang dan persir berada di bibir Jalan Pajajaran yang sangat padat kendaraan, hawa di lingkungan sekolah ini tetap terasa sejuk. Pohon-pohon yang cukup besar berdiri tegak melindungi MAN 2 dari gas buang kendaraan dan debu jalanan.

BACA JUGA :  Semangati Garuda Muda, Pj. Bupati Bogor Bersama Ribuan Warga Nobar Semi Final AFC di Plaza Selatan Stadion Pakansari

Di halaman sekolah juga ter­dapat pohon buah-buahan sep­erti mangga, sawo, dan lain-lain tampak cukup besar dan mulai berbuah. Sementara di sela­sar juga cukup banyak tanaman hias dan buah-buahan yang di­tata rapi di dalam pot. Ada juga beberapa tanaman gantung yang menambah lingkungan komplek MAN 2 tampak hijau dan terasa nyaman.

‘’Kami terus menjaga pohon-pohon ini tumbuh subur dan mengganti pohon-pohon yang sudah tidak sehat dengan po­hon baru. Kami berterimakasih atas kedatangan Tim Bogor Hejo dari Bogor Today yang meleng­kapi koleksi tanaman kami den­gan pohon citrus, jambu air, dan jambu jamaika,’’ kata Lina.

Hadir pada acara penana­man pohon di sela-sela acara buka puasa bersama para pe­lajar MAN 2 ini antara lain Pe­mimpin Redaksi SKH Bogor To­day, Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito, relawan Bogor Hejo Amalia Dian Puspitasari, per­wakilan dari Citrus Department Store Maya, para guru MAN 2, dan para pelajar MAN 2.

BACA JUGA :  Tim Bulu Tangkis Indonesia Juara Runner Up Piala Thomas 2024

Meski waktu sangat terba­tas karena dilakukan pukul 16.30 jelang buka puasa, edu­kasi pohon lewat kusi berhadiah sembako dan buku tulis tetap dilakukan dan dipandu Amel, panggilan Amalia Dian. Para siswa MAN 2 menunjukkan ke­mampuannya yang sangat ba­gus dalam hal lingkungan hidup dan pohon. Mereka umumnya memiliki pengetahuan dan wa­wasan yang baik mengenai ling­kungan hidup.

Dua paket sembako dari Yayasan Indera Surya dan dua paket buku tulis dari donatur Bogor Hejo pun diberikan ke­pada empat pelajar MAN 2 yang dengan cepat dan benar men­jawab pertanyaan Amel.

Sebelum acar penananam pohon dilakukan, dilakukan pe­nyerahan pohon citrus secara simbolik dari Maya kepada Wakil Kepala MAN 2 Lina Rosalina dan pohon jambu air dari Alfian Mujani kepada salah satu per­wakilan ustadz dari MAN 2. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================