sembelitDiare dan maag merupakan penyebab terbesar kenapa mereka batal puasa. Diare dan maag pada saat berpuasa umumnya timbul pada pagi hari. Penyebab utama diare dan maag adalah konsumsi makanan yang tidak tepat baik saat sahur maupun berbuka.

Oleh : Latifa Fitria
[email protected]

Makanan terlalu pedas dan asam menjadi pencetus kenapa mereka mengalami diare. Belum lagi makanan yang dicurigai sudah tercemar dan tetap dikonsumsi menjadi pe­nyebab kenapa pasien yang batal tersebut mengalami diare.

Informasi ini menjadi penting agar masyarakat muslim yang menjalami Puasa harus pandai-pandai memilih makanan. Selain diare, nyeri ulu hati juga hal yang dikeluhkan disampaikan oleh pasien yang sedang berpuasa pada awal-awal berpuasa. Nyeri ulu hati me­mang tidak sampai membatalkan Puasa tapi untuk s ebagian pasien nyeri ulu hati sangat mengganggu.

Baca Juga :  Ini Dia Kebiasaan Sehari-hari yang Menjadi Penyebab Gagal Ginjal

Ajaran agama menganjurkan kita berpuasa agar kita sehat tetapi tetap kita harus memperhatikan makanan dan minuman selama buka dan sahur agar kita terhin­dar dari gangguan pencernaan dan tetap bisa melak­sanakan Puasa tanpa batal.

Beberapa hal yang diperhatikan pada saat berpuasa, terutama setelah 6-8 jam perut kosong bisa terjadi pen­ingkatan asam lambung yang dapat menimbulkan gejala sakit maag. Keadaan ini biasanya berlangsung hanya pada minggu pertama Puasa dan gejala ini Insya Allah tidak dirasakan lagi pada minggu-minggu berikutnya.

Pada orang yang sehat, keadaan ini dapat diatasi den­gan pilihan makan yang tepat saat berbuka dan sahur, serta kegiatan yang tidak menyebabkan terjadinya pen­ingkatan udara di dalam lambung, serta peningkatan asam lambung.

Baca Juga :  Waspada! 8 Gejala Cacar Monyet

Adapun pada orang yang memang terdapat gang­guan lambung sebelumnya, Puasa akan memperberat kondisi sakit lambungnya jika tidak diobati dengan te­pat terutama pada minggu pertama. Namun, jika sakit lambungnya diobati mereka yang mempunyai sakit lambung tadi dapat melakukan ibadah Puasa seperti orang normal umumnya. Tetapi secara umum selanjut­nya dengan keteraturan makan, mengurangi camilan yang tidak sehat dan pengendalian diri orang dengan sakit maag, sakit maag akan sembuh selama berpuasa.