Untitled-3JAKARTA, TO­DAY– Harga sem­bako di sejumlah pasar tradisional Jabodetabek sepe­kan menjelang leb­aran terpantau ma­sih fluktuatif. Ada beberapa komoditi yang terpantau tu­run harga, ada juga yang masih stabil di angka tertinggi.

Cabai terpan­tau cukup rendah menjelang L e b a r a n , yakni Rp 25.000/kg. Harga justru turun dibandingkan sebelum puasa yang sebesar Rp 30.000/kg. “Ini memang lagi panen, jadi pasokan banyak. Kita am­bil dari Bandung dan Jawa Tengah gitu,” kata Amdan, Pedagang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (26/6/2016).

Akan tetapi, ini berbeda dibandingkan dengan harga bawang merah dan bawang putih. Bawang merah masih bertahan pada level Rp 30.000-Rp 40.000/kg, ter­gantung kualitas bawang. Sementara, pemerintah menargetkan harga bawang berada di bawah Rp 25.000/kg. “Kalau Lebaran tahun lalu itu cuma Rp 15.000/kg, sekarang tinggi banget. Nggak tahu kena­pa. Barangnya ada tapi mahal,” jelasnya.

Baca Juga :  Dua Pelaku Pembakaran Hutan di Samosir Ditangkap Polisi

Sedangkan, bawang putih dijual den­gan harga Rp 42.000-Rp 45.000/kg. Pada­hal tiga-empat bulan sebelumnya, harga bawang putih cuma sekitar Rp 20.000/kg. “Soalnya kan impor, jadi barangnya mung­kin nggak ada,” terang Amdan.

Harga beras terpantau terkendali menjelang lebaran. Untuk kualitas me­dium, harga yang dijual adalah Rp 7000/kg. Salah satunya di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. “Harga beras sudah Rp 7.000/kg untuk yang medium,” kata Amran.

Pada tempat yang sama, juga ditemu­kan beras kualitas medium dengan harga yang berbeda, yakni Rp 8000/kg dan Rp 9000/kg. Perbedaan ini memang dikare­nakan kualitas air yang terkandung dalam beras tersebut. “Harga yang beda ini ter­gantung gabah kering dan nggak kering,” jelasnya.

Amran meyakini harga beras akan sta­bil sampai dengan Lebaran seiring den­gan besarnya pasokan beras yang dimiliki oleh Perum Bulog, yakni sekitar 2 juta ton. “Saya garansi, harga stabil bisa sampai Lebaran,” tegas Amran.

Baca Juga :  Puasa Tasua dan Asyura 7-8 Agustus, Ini Bacaan Niat Puasa Lengkap dengan Artinya

Kemarin siang, Menteri Pertanian Am­ran Sulaiman datang ke Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Amran ingin memastikan harga pangan seperti daging sapi tetap ter­kendali menjelang Lebaran.

Amran datang sekitar pukul 10.30 WIB, mengenakan kaos putih dengan cel­ana biru dan sepatu olahraga. Ia tampak ditemani beberapa orang staf Kement­erian Pertanian. “Lihat, sekarang harga daging sudah dijual pada harga Rp 80.000 (daging beku), di pasar becek dari yang sebelumnya Rp 130.000/kg,” kata Amran memperlihatkan harga yang tertera di be­berapa lapak pedagang di Pasar Minggu, Minggu (26/6/2016).