Untitled-9BABAKANMADANG, TO­DAY– Pemerintah Kabu­paten Bogor memperingati Hari Anti Narkoba Interna­sional (HANI) di Masjid Az- Zikra, Sentul, Babakan Ma­dang, Minggu (26/6/2016). Penanamak akhlak agamis jadi misi Bupati Nurhay­anti memperingati HANI di sebuah masjid.

Menurutnya, Bumi Tegar Beriman mendudu­ki peringkat dua sebagai daerah dengan jumlah penyalahgunaan narkoba tertinggi setelah Bandung di Provinsi Jawa Barat ini. Sedikitnya, 0,02 persen penduduk Kabupaten Bo­gor merupakan pengguna narkoba.

“Jumlah itu dari kes­eluruhan penduduk kita yang mencapai 5,4 juta jiwa. Tapi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bogor telah menangang­inya lewat lembaga reha­bilitasi. Hingga Juni 2016, setidaknya 330 orang dire­hab,” kata Nurhayanti.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Sabu menjadi barang haram paling diminati oleh warga Bumi Tegar Beriman. Dari 330 orang itu, 40 persen diantaranya pengguna sabu, minuman keras 31 persen, ganja 20 persen, ekstasi 3 persen, heroin 2 persen dan obat-obatan 4 persen.

“Saya meminta agar se­luruh elemen masyarakat telah bersatu padu untuk bahu membahu memeran­gi penyalahgunaan narko­ba demi menyelamatkan bangsa dari kerentananan sosial akibat penyalahgu­naan Narkoba,” tukasnya.

Menurutnya, dalam kurun waktu 2015 sampai Juni 2016, terungkap se­banyak 1.015 kasus keja­hatan narkotika, baik yang ditangani BNN Pusat mau­pun BNN Provinsi dengan tersangka sejumlah 16.810 orang.

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit

Serta tindak pencu­cian uang yang berasal dari kejahatan narkotika sebesar RP 142 miliar. BNN juga sedang sedang mel­akukan proses transaksi mencurigakan hasil dari kejahatan narkotika sebe­sar Rp 3,6 triliun.

“Di bidang pemberan­tasan, BNN telah mengung­kap 72 jaringan sindikat narkotika, baik nasional maupun Internasional. Sedangkan barang bukti yang berhasil disita ter­diri dari shabu sebesar 2,8 ton, jenis ekstasi 707.864 butir, jenis ganja 4,1 ton dan lahan ganja seluas 69 hektar,”tambahnya. (Ri­shad Noviansyah)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================