Jika rumah bergaya minimalis modern maka penerapan batu alam sebaiknya memilih tekstur yang polos serta warna yang tidak mencolok agar menyatu den­gan gaya bangunan. Contoh batu tipe rumah minimalis adalah andesit, purwa­karta, dan salagendang.

Pemasangan batu alam untuk rumah minimalis harus menggunakan pola yang rapi dan sederhana berbentuk susun sir­ih, bujur sangkar, kombinasi, dan lurus.

Bila konsep rumah bergaya Eropa klasik atau Mediterania, batu alam yang digunakan sebaiknya yang bersifat semi­formal, elegan, dan kokoh. Contoh batu yang tepat untuk Mediterania antara lain pacitoroso, baligreen, palimanan, dan paras jogja.

Rumah bergaya tropis sebaiknya menggunakan batu dengan pola pema­sangan yang terlihat fleksibel dan tidak kaku, seperti pola koboi Bandung dan pola acak. Warna batu sebaiknya dip­ilih warna yang kalem atau gelap, seperti batu andesit, purwakarta, salgendang, dan lain-lain.

Terakhir, rumah bergaya tradisional modern. Penyusunan bisa menggunakan pola acak agar lebih terlihat alami. Jenis batu alam yang bisa digunakan antara lain batu kali belah, candi belah, bronjol pelabuhan.

Tahukah Anda bahwa harga batu alam memiliki variasi harga? Semakin solid batu maka semakin tinggi pula harga jualnya. Kira-kira sebesar Rp 55 ribu–Rp 170 ribu per meter persegi.

Itu baru harga batu saja. Di pasaran, harga batu akan dikombinasikan dengan harga pemasangan ( jasa). Jika sudah di­gabung, kira-kira kisaran harga sebesar Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu.

Oleh karena itu, perlu selektivitas dan melakukan survei dahulu untuk meng­etahui harga setiap jenis batu alam. Bila budget terbatas, bisa mengkombinasikan batu sesuai dengan patokan harganya (mahal dan ekonomis). (Winda/NET/ ed:Mina)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================