46-rossi-93-marquez__gp_0621.gallery_full_top_lgASSEN- Tikungan zig-zag (chicane) terakhir jelang garis finis di Sirkuit TT Assen, Belan­da, dihapuskan pada musim balap MotoGP 2016, demi alasan kemanan para rider. Jadi takkan ada lagi saling serempet antara rid­er seperti yang terjadi pada Marc Marquez dan Valentino Rossi musim lalu. Geert Tim­mer chicane sudah berulang kali menghad­irkan momen menegangkan dalam balapan MotoGP Belanda. Di banyak kesempatan, tikungan tersebut menjadi penentu duel memperebutkan posisi terdepan, namun menghadirkan pula beberapa kecelakaan.

Musim lalu, duel Marc Marquez dengan Valentino Rossi menjadi highlight. Bertarung seru sejak beberapa lap sebelumnya, mereka bersenggolan saat memasuki chicane tersebut. Akibatnya, Rossi meluncur keluar lintasan dan lalu melaju lurus melewati gravel untuk kem­bali ke trek dan merebut kemenangan.

Karena dianggap punya pontensi besar menghadirkan bahaya, modifikasi dilaku­kan di chicane itu. Rumput buatan yang dil­etakkan bersebelahan dengan sudut masuk dan sudut keluar tikungan dihilangkan.

Sebagai gantinya kini dipasang kerb baru yang lebih ‘agresif’. Kerb tambahan tersebut tidak akan membuat pebalap sampai ter­jatuh, namun akan sangat terganggu apabila sampai melindasnya.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua