Kebutuhan makan orang dewasa normal Indonesia rata-rata dalam satu hari han­ya sekitar 1.500 hingga 2.000 atau kadang 2.500 kalori. Jum­lah itu tidak hanya dihitung makan besarnya saja, melainkan juga camilan dan minu­man yang kita kon­sumsi.

Satu porsi hi­dangan lebaran kurang lebih mengandung 500 kalori. Jadi kalau dalam se­hari kita makan lebih dari tiga piring, kita su­dah kelebihan kalori. Untuk men­siasatinya, ambil porsi kecil saja setiap kali ditawari makan saat bersilaturahmi. Contohnya, ambil tiga potong ketupat saja dan secuil rendang atau ayam dan satu sendok sa­yur labu siam.

BACA JUGA :  Obat Alami Sesak Napas yang Bisa Dicoba di Rumah, Ini Dia Caranya

Porsi kecil juga perlu kita terapkan dalam me­nikmati cami­lan. Sekadar icip-icip, itu prinsipnya. Jika ingin menikmati tape ketan, cukup ambil satu sendok makan saja. Kasten­gel? Ya, satu potong saja. Kacang bawang atau mete, bolehlah satu sendok makan.

Minumannya cukup air putih, hindari soft drink atau minuman manis lainnya. Jika ada es puter tersaji, tetap mengambil kalau memang ingin, tetapi paling ban­yak satu sendok makan saja.

Setelah seharian berkunjung ke handai taulan dan mengon­sumsi yang serba berlemak, mi­num teh hijau untuk melarutkan lemak seperti orang Tiongkok. Orang Tiongkok selalu minum teh setiap bersantap makanan enak di restoran. Teh hijau yang sehat tentu tidak menggunakan gula.

BACA JUGA :  Dipercaya Bisa Bikin Panjang Umur dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Keesokan paginya setelah bangun tidur, minumlah air putih hangat yang diberi air perasan jeruk lemon. Minuman ini bagus untuk melakukan detoksifikasi tubuh. Buang air besar jadi lancar.Kemudian perbanyak makan sayur dan buah yang kaya se­rat untuk membersi­hkan lemak yang kita konsumsi di lebaran hari pertama.

 

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================