Breast-Cancer-Risk-Associated-With-Red-Meat-ConsumptionMAKANAN yang kita konsumsi berdampak pada kesehatan tubuh. Salah satunya adalah kulit. Ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika sering dikonsumsi dapat mem­percepat proses penuaan atau kulit yang keriput. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tergolong sebagai penyebab tersebut:

Minuman berkarbonasi

Jenis minuman ini memiliki kadar gula tinggi dengan nutrisi yang rendah. kandungan gula ini dapat memicu obesitas yang dapat me­ningkatkan resiko hipertensi, diabetes, dan stroke. Sedangkan efek pada kulit, dengan kadar gula darah yang tinggi, proses glikasi akan merusak kolagen pada tubuh. kolagen yang lentur akan rusak, dan berubah menjadi keras, sehingga muncul kerutan pada kulit.

BACA JUGA :  Simak 5 Menu Sarapan Terbaik Ini untuk Berikan Energi dan Tingkatkan Suasana Hati

Kopi

Kandunagn kafein yang terdapat dalam kopi ternyata dapat meningkatkan hormon stres. Hal ini berkaitan dengan kontribusi stres yang akan mepercepat pen­uaan dini. Hormon stres yang disebut kortisol yang melambung akan membuat otot-otot menjadi letih, sehingga membuatnya cepat menyusut.

Daging olahan

Salah satu jenis daging olahan yang ter­golong sebagai penyebab penuaan dini adalah sosis. Makanan yang enak dan praktis untuk disajikan ini dapat memicu resiko kanker kolorektal. Zat N-nitroso yang terkandung di dalamnya bersifat karsinogenik. Zat ini merupakan bahan tambahan nirit yang di­campurkan dengan daging olahan.

Keripik dan kentang goreng

Makanan yang digoreng pada suhu yang tinggi akan memicu pembentukkan le­mak trans-fat. Konsumsi makanan ini dengan intensitas yang sering dapat meningkatkan re­siko penyakit jantung koroner.

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Daging merah

Protein dalam daging memang sangat dibu­tuhkan tubuh. Namun jika terlalu banyak protein hewani dapat memicu kadar kalsium tulang yang berkurang. Sehingga dapat berakibat pada osteopo­rosis.

Nasi putih dan roti putih

Jenis karbohidrat ini bukanlah karbohidrat kom­pleks yang kaya serat. Dengan indeks glikemik tinggi makanan ini sangat cepat dicerna dan diserap ke dalam peredaran darah, sehingga kadar gula dapat mel­onjak dalam waktu yang singkat. Hal ini akan membuat sel berubah dan menua lebih cepat.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================