Messi Masih Terbaik

Bagi legenda Barcelona, Xavi Hernandez, sosok Lio­nel Messi masih belum bisa tergantikan oleh pesepak­bola manapun di dunia saat ini. “Bagi saya, tidak ada penerus Messi. Tidak akan pernah ada. Akan ada pesepakbola-pesepakbola yang sangat ba­gus, tapi tak satu pun yang ada di level Messi,” ujar Xavi kepada Sport.

Messi menjelma sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepakbola sejak melako­ni debut di tim utama Barca pada 2004 lalu. Dia menjadi top skorer sepanjang masa Barca dengan 453 golnya dan jadi pencetak gol terbanyak di arena La Liga dengan 312 gol.

Messi sukses mengantarkan Barca memenangi dela­pan titel La Liga, empat titel Copa del Rey, dan empat ti­tel Liga Champions. Di level individu, dia sudah lima kali meraih Ballon d’Or, lebih banyak daripada pemain mana pun.

BACA JUGA :  Karate Internasional di Bangkok, Naufal Putra Diandra Sabet Medali Emas Ajang SeakF Asia ke-11

Menurut Xavi, di masa mendatang Neymar atau Eden Hazard bisa saja menjadi pemain terbaik di dunia. Namun, dia yakin level pemain-pemain itu tidak akan pernah menya­mai Messi.

“Meskipun mereka sekarang berusaha menjual cerita persaingan Cristiano (Ronaldo) dan Messi, orang-orang yang tahu sepakbola tahu bahwa tidak ada perbandingan. Ketika Messi mengakhiri kariernya, akan ada Neymar, Hazard, lima atau sepuluh pemain di level yang mirip, tapi tak satu pun dengan superioritas seperti Messi,” kata Xavi.

Sementara mentor Messi di Barcelona dulu, Ronaldinho menilai, pensiunnya Lionel Messi dari Timnas Argentina ti­dak mengubah apa-apa. Dia tetap menyebut Messi sebagai pemain terbaik di dunia.

BACA JUGA :  Resep Membuat Sup Kimlo Kulit Tahu untuk Menu Makan Malam yang Lezat dan Segar

Messi mengejutkan banyak orang ketika dia mengumum­kan pensiun dari Timnas Argentina pada akhir Juni lalu. Pe­nyerang 29 tahun itu melakukannya setelah Argentina kalah adu penalti dari Chile di Final Copa America Centenario.

Messi tampaknya begitu kecewa karena empat kali kalah di final bersama Argentina. Sebelumnya, dia juga harus puas dengan predikat runner-up di Copa America 2007, Piala Du­nia 2014 dan Copa America 2015.

Meski bergelimang gelar dan penghargaan bersama Barcelona, Messi belum berhasil mempersembahkan tro­fi besar untuk Argentina. Pencapaian terbaiknya adalah gelar di Piala Dunia U-20 2005 dan medali emas Olimpi­ade 2008. (*/Dts)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================