Data hasil riset menunjukkan bahwa seba­gian besar rumah di segmen menengah dengan harga Rp300 juta – Rp1 miliar mewakili 67,5% dari total penjualan, dibandingkan dengan seg­men bawah < Rp300 jutaan sebesar 15,1% dan segmen menengah atas >Rp1 miliar sebesar 17,5%.

Penguatan di segmen menengah baik dari ukuran tipe dan harga jual diperkirakan masih akan terus menguat di sepanjang semester II/2016 termasuk sedikit peningkatan di segmen menen­gah atas,” kata Ali dalam keteran­gan tertulisnya di Bogor, Kamis (21/7/2016).

BACA JUGA :  Menu Sederhana dengan Ayam Masak Tauco yang Bikin Menggugah Selera

IPW menilai pergerakan pas­ar yang terjadi di Q2-2016 yang menurun lebih sebabkan oleh fak­tor musiman Lebaran dan akhir liburan serta tahun ajaran baru. Karenanya, potensi peningkatan di semester II/2016 diperkirakan akan terjadi, menyusul penga­matan yang dilakukan di lapan­gan dengan optimisme dari para pelaku pasar dan pergerakan ti­pis yang telah terjadi di beberapa wilayah.

BACA JUGA :  Tak Terima Pacar Diganggu, Pemuda di Lampung Tengah Tusuk Remaja hingga Tewas

Beberapa langkah pemerintah untuk mendongrak penjualan mu­lai dikeluarkan termasuk menekan BI Rate sampai 6,5% memang ma­sih belum berdampak. Namun, dampak psikologis semua elemen dan kebijakan termasuk tax amnes­ty, sedikit banyak akan memberi­kan dorongan bagi penguatan pas­ar perumahan di semester II/2016.(Yuska Apitya Aji/ed:Mina)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================