Untitled-12Selama ini, kayu jati dike­nal sebagai bahan baku kayu berkualitas tinggi. Semakin tua, kualitas kayunya semakin baik. Karena keunggulannya itu, kayu jati banyak dimanfaatkan untuk bahan furnitur, seperti meja, kursi dan lemari.

Mebel kayu jati biasanya berwarna cokelat. Semakin tua umurnya, warna cokelat­nya juga semakin menonjol. Namun, sekitar tiga tahun be­lakangan muncul tren mebel kayu berwarna putih. Banyak yang tidak tahu bahwa mebel tersebut juga menggunakan baku kayu jati.

BACA JUGA :  Resep Membuat Cah Kangkung Saus Tiram yang Lebih Sedap Bikin Ketagihan

Seperti warnanya, jenis jati yang digunakan adalah adalah kayu jati putih. Varietas jati putih ini memang belum begitu pop­ putih juga tidak semudah jati biasa. uler di masyarakat. Mendapatkan jati

Namun, peluang budidayanya cukup menjanjikan mengingat potensi pasar mebel yang terus berkembang dan masih sedikit pebudidayanya. “Jati putih ini me­mang tergolong jarang yang mem­budidayakan. Kalau di sini hanya tiga sampai lima petani jati putih. Tidak banyak,” jelas Toni Saputra, pemilik CV Aditya Kencana Grup di Pemalang, Jawa Tengah.

============================================================
============================================================
============================================================