Dikuti dari Fox News, para ibu yang sering tidur bersama bayinya juga menun­jukkan motivasi lebih untuk menyusui se­lama periode perinatal. Sementara, Amy Brown, profesor kesehatan masyarakayt di Swansea University mengatakan rutin me­nyusui tiap dua jam, termasuk di malam hari, penting untuk menjaga pasokan ASI.

Nah, tidur satu kasur dengan bayi bisa memudahkan ibu menyusui ketika malam hari. Namun, ia mengingatkan risiko Sud­den Infant Death Syndrome (SIDS) dan risiko bayi tidak sengaja tertimpa bantal atau tubuh orang dewasa di sampingnya yang membuat ia kesulitan bernapas. Brown menyarankan bagi ibu yang san­gat gemuk, mengonsumsi obat penenang, atau sangat kelelahan baiknya tidak tidur satu kasur dengan bayi.

BACA JUGA :  Tambah Daya Ingat dengan 5 Minuman Ini, Bikin Lebih Fokus dan Produktif

“Jangan lupa tidurkan bayi di posisi telentang dengan selimut ringan dan jauh­kan selimut tebal serta bantal atau guling besar darinya. Anak-anak juga baiknya ti­dak tidur bersama bayi dan bayi tidur di sisi ibu, bukan di tengah-tengah ayah dan ibu. Tidur bersama sejatinya bisa dilaku­kan asal direncanakan dengan baik dan semua orang pastinya menyadari bahwa ada seorang bayi yang tidur bersama mer­eka,” tutur Brown.

BACA JUGA :  Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

Sementara, Ball menyarankan ibu yang mengonsumsi obat tertentu dan alkohol, kemudian merokok selama hamil untuk tidak tidur satu kasur dengan bay­inya. Begitupun ketika bayi lahir prema­tur, tidur satu kasur tidak disarankan oleh Ball. Hindari pula tidur bersama bayi di sofa karena sofa yang umumnya sangat empuk bisa meningkatkan risiko bayi tertindih atau terhalangi hidungnya oleh orang dewasa

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================