19JAKARTA, Today – Pada semester I-2016, PT Bank Danamon Indone­sia Tbk meraup laba bersih Rp1,7 triliun. Naik 38% dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp1,3 triliun.

Kenaikan laba ini ditopang oleh peningkatan efisiensi yang tercermin dari turunnya rasio bi­aya terhadap pendapatan (cost to income ratio) menjadi 48,5% di semester I-2016, dibanding peri­ode yang sama tahun sebelumnya 54,7%.

“Inisiatif yang kami implemen­tasi tahun lalu mulai menunjuk­kan hasil. Hal ini tercermin dalam pertumbuhan laba bersih. Hasil ini merupakan bukti nyata dari upaya Danamon dalam membangun pon­dasi kuat untuk penumbuhan lebih lanjut, sejalan dengan komitmen kami untuk meneruskan kualitas layanan yang baik kepada nasabah pada ulang tahunnya yang ke-60,” Direktur Keuangan Danamon, Vera Eve Lim, dalam keterangannya, Se­lasa (26/7/2016).

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Tol Kalanganyar, Bus Eka Seruduk Truk hingga Tewaskan 1 Penumpang

Sementara laju kredit Dana­mon hingga semester I-2016 adalah Rp124,91 triliun, turun 8% diband­ingkan periode yang sama tahun se­belumnya Rp135,2 triliun.

Pada akhir semester I-2016, kredit pada segmen UKM tumbuh 1% menjadi Rp23,5 triliun dari Rp 23,2 triliun setahun sebelumnya. Namun, jika dihitung dari awal ta­hun atau year-to-date, kredit UKM tumbuh 5% dari Rp22,4 triliun. Kredit pada segmen perbankan ko­rporasi tumbuh 1% menjadi Rp17,9 triliun, dan kredit kepada segmen komer­sial turun 5% menjadi Rp15,2 triliun. Se­mentara itu, kredit sya­riah yang s e b a ­gian besar merupakan bagian dari kredit untuk segmen UKM dan komersiai tumbuh 6,9% menjadi Rp3,3 triliun.

BACA JUGA :  Menu Makan Siang dengan Lele Bumbu Cabe yang Lezat dan Pedas Nampol

Sementara kredit kendaraan bermotor lewat anak usahanya yaitu PT Adira Finance Tbk tercatat menurun. Pembiayaan kendaraan bermotor dan barang konsumen melalui Adira Finance turun 8% pada akhir semester I-2016 menjadi Rp44,6 triliun.

Rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) Dana­mon tercatat masih rendah. Rasio NPL gross adalah 3,3%. (Abdul Ka­dir Basalamah/Net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================