E-Warunk2_wartakitaJakarta, Today – Di tengah pereko­nomian nasional yang tumbuh pesat, Pemerintah RI terus berusaha untuk menyejahterakan masyarakatnya secara adil dan merata. Satu di anta­ranya dengan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang kurang beruntung secara tepat, cepat dan mudah.

Untuk mewujudkan itu, Pemer­intah diwakili oleh Kementerian So­sial membentuk program e-Warung KUBE KMIS. e-Warung KUBE KMIS merupakan kelompok usaha ber­sama yang diimplementasikan dalam bentuk Koperasi Masyarakat Indone­sia Sejahtera, dengan jaringan wa­rung yang tersebar luas

Agar program tersebut berjalan efektif dan dapat menjangkau ma­syarakat hingga ke pelosok tanah air, Pemerintah RI yang dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Sosial (Kemensos) menggandeng BRI se­bagai salah satu BUMN perbankan yang memiliki lebih dari 10.500 unit kerja, lebih dari 23.000 jaringan ATM BRI dan lebih dari 60.000 Agen BRILink yang tersebar di seluruh In­donesia.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Apresiasi Umbara Jadi Kampus Pertama di Indonesia Yang Terapkan Smart and Green Energy Campus

Secara resmi program e-Warung KUBE KMIS diluncurkan pada hari Minggu, 31 Juli 2016. Hadir pada acara yaitu Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa dan Direktur BRI Kuswiyoto.

Dalam acara tersebut, BRI juga turut meluncurkan Kartu Debit BRI Masyarakat Indonesia Sejahtera (MIS). Sebagai pilot project, pelun­curan Kartu Debit MIS dilakukan di Kelurahan Wala Walaya, Kecamatan Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan, yang ditandai dengan pemberian Kartu kepada 50 (lima puluh) orang yang merupakan perwakilan dari masyarakat setempat

Kartu Debit MIS merupakan kartu debit khusus yang dapat digunakan oleh masyarakat kurang beruntung yang sudah terdaftar di Kemensos untuk menerima bansos. Pemegang kartu tersebut dapat menggunakan­nya untuk bertransaksi melalui Agen BRILink, ATM BRI, unit kerja BRI konvensional atau pun berbelanja di e-Warung KUBE KMIS.

BACA JUGA :  Kebakaran Hanguskan Mobil Warga Karangasem, 4 Armada Dikerahkan

Sebagai informasi, ada berbagai bansos Pemerintah yang akan disal­urkan melalui Kartu Debit BRI MIS. Yang pertama adalah bansos melalui Program Keluarga Harapan atau PKH.

Yang kedua adalah Bantuan Siswa Miskin melalui Kartu Indo­nesia Pintar (KIP). Dan yang ketiga adalah bansos dalam program Beras Sejahtera atau RASTRA. Seluruh ban­sos tersebut hanya diperuntukkan untuk keperluan non konsumtif, di mana nantinya semua jenis bansos hanya akan memanfaatkan satu kar­tu debit BRI MIS.

Lebih lanjut sebagai Bank yang selama lebih dari satu abad berpen­galaman dalam menjalankan fung­sinya sebagai lembaga intermediasi, BRI akan selalu aktif mendukung Pemerintah dalam menjalankan program-programnya untuk mem­berikan kemakmuran dan kes­ejahteraan bagi masyarakatnya se­cara adil dan merata. (Abdul Kadir Basalamah/NET)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================