84979210JAKARTA, Today – PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) mem­bukukan laba bersih konsolidasi (tidak diaudit) sebesar Rp 736 miliar pada enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2016, tumbuh sebesar 318,2% year-on-year (Y-o-Y), menghasilka­nearning per share sebesar Rp 29,29.

Kenaikan laba bersih terse­but disebabkan oleh peningka­tan pendapatan bunga bersih menjadi Rp 5,81 triliun dan pen­ingkatan pendapatan non-bunga menjadi sebesar Rp 1,46 triliun, yang masing-masing tumbuh sebesar 4,8% dan 24,1% dari pencapaian pada periode yang sama tahun lalu, serta penu­runan pada biaya pencadangan sebesar 7,9% Y-o-Y.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan men­gatakan, di tengah tantangan situasi usaha, sejumlah bisnis unggulan perseroan pada se­mester pertama tahun 2016 menunjukkan peningkatan.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Selasa 30 April 2024

Pertumbuhan NII sebesar 4,8% Y-o-Y dicapai atas penu­runan pada beban bunga, se­dangkan peningkatan pendapa­tan non-bunga sebesar 24,1% Y-o-Y didukung dengan mem­baiknya usaha di Treasury dan pasar modal.

“Kami juga terus mengon­trol biaya operasional yang ber­hasil turun 1,2% Y-o-Y. Selain itu, biaya pencadangan untuk kredit bermasalah juga secara berta­hap membaik,” ujarnya.

Dengan total aset mencapai Rp 239,38 triliun per 30 Juni 2016, CIMB Niaga mempertah­ankan posisinya sebagai bank terbesar kelima di Indonesia dari sisi aset. Jumlah kredit bruto yang disalurkan tercatat menurun Y-o-Y menjadi sebe­sar Rp 175,34 triliun per 30 Juni 2016, seiring dengan strategi CIMB Niaga yang menerapkan pertumbuhan konservatif.

BACA JUGA :  Penderita Autoimun Harus Hindari 5 Makanan Ini!

Walaupun terjadi perlam­batan pertumbuhan kredit CIMB Niaga, sejumlah segmen bisnis mencatatkan performa yang baik. Personal dan multi­purpose loans tercatat mengal­ami kenaikan sebesar 9,2% Y-o-Y melalui produk unggulan X-tra Dana, sedangkan segmen kartu kredit menghasilkan pertumbu­han saldo kredit sebesar 25,5% Y-o-Y menjadi Rp 7,18 triliun.

Pada akhir Juni 2016, jumlah kartu kredit CIMB Niaga yang beredar mencapai lebih dari 2,1 juta, meningkat 13,4% diband­ingkan tahun lalu. Saat ini, CIMB Niaga tercatat sebagai pemain terbesar ketiga di pasar kartu kredit di Indonesia.

============================================================
============================================================
============================================================