CIBINONG TODAY– Ber­dasarkan Peraturan Gu­bernur Nomor 90 Tahun 2016 Tentang Pemberian Intensifikasi Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor, Tim Penilai Anugerah Pajak Propinsi Jawa Barat meny­ambangi Kabupaten Bogor untuk melakukan verifikasi terakhir atas paparan Bupati Bogor dalam expose kontri­busi pajak di Bandung be­berapa waktu lalu.

Tim penilai yang dip­impin oleh Memet Sueb ini langsung diterima Bupati Bogor NUrhayanti di ruang kerja Pendopo Kabupaten Bogor, Senin (1/8/2016). Tu­rut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pen­dapatan Daerah Kabupaten Bogor, Kepala Samsat Kabu­paten Bogor dan jajarannya.

Menurut Memet, tujuan diadakannya Anugerah Pajak ini untuk memotivasi kepada daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) khususnya pajak kendaraan bermotor didaerah tersebut. Selain itu penghargaan ini juga akan diberikan bukan hanya kepada Kepala Daerah saja akan tetapi semua pihak yang terlibat dalam peneri­maan pajak ini.

BACA JUGA :  Pelantikan Pengurus JJB 2024-2027 Siap Digelar, Berikut Susunannya

“Propinsi Jawa Barat dalam hal ini Gubernur ingin memberikan apresiasi bukan kepada Kepala Daerah, para wajib pajak, Kepala Cabang Pelayanan Dinas Pendapatan (CPDP) dan kepada para rela­wan pajak akan juga di berikan apresiasi ini. Hal ini guna men­ingkatkan motivasi mereka didalam meningkatkan peneri­maan pajak” ujar Memet

Sementara itu Nurhay­anti mengatakan kontribusi pajak kendaraan bermotor dari total dana bagi hasil Provinsi Jawa Barat menca­pai 75 persen. Dengan kata lain, pajak kendaraan ber­motor berkontribusi signifi­kan terhadap pendapatan yang berkaitan dengan bagi hasil. “Sumbangsih pajak kendaraan bermotor untuk penerimaan pendapatan lain-lain yang sah. Untuk Kabupaten Bogor sendiri mencapai 16 persen dari to­tal pajak. Karena ada sekitar 1,5 juta kendaraan bermo­tor yang berada di wilayah Kabupaten Bogor sedang­kan yang patuh membayar pajak berkisar diantaranya 800 ribu kendaraan” terang Nurhayanti

BACA JUGA :  Pj Wali Kota Bogor Hadiri Peringatan Hari Air Dunia di Situ Kemang

Ditambahkan Nurhay­anti, bahwa dirinya beserta jajarannya terus berupaya untuk melakukan terobosan-terobosan guna meningkat­kan kontribusi pajak, salah satunya adalah melakukan pelayanan pajak hingga daerah perbatasan. Hal ini dilakukan agar para pemilik kendaraan di wilayah per­batasan tidak merasa harus jauh untuk menyetor pa­jaknya kedaerah lain yang berbatasan dengan Kabu­paten Bogor.(Yuska/*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================