aaaBUKAN hanya menjadi penyakit yang pal­ing banyak menyebabkan kematian, stroke juga bisa membuat seseorang menderita cacat permanen. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat ten­tang penyakit stroke sehingga terlambat mendapatkan penanganan dokter. Perha­tikan beberapa hal berikut agar Anda dan keluarga lebih memahami stroke.

1 DARI 7 KEMATIAN DI INDONESIA DISEBABKAN OLEH STROKE

Berdasarkan data Riskesdas, satu di an­tara tujuh orang yang meninggal di Indone­sia disebabkan oleh stroke. Inilah yang me­nyebabkan stroke masih menjadi penyakit yang patut untuk diwaspadai.

Stroke harus ditangani maksimal 60 menit setelah gejala

Stroke tidak selamanya menyebabkan kematian atau cacat permanen. Anda dapat kembali pada kondisi semula bila mendapat penanganan yang tepat. Saat melihat gejala stroke terjadi pada keluarga atau kerabat Anda, segera hubungi ambu­lans untuk segera mendapatkan pertolon­gan. Stroke yang ditangani kurang dari 60 menit setelah gejala terjadi, memiliki ke­mungkinan yang lebih besar untuk sembuh tanpa terdapat cacat permanen.

BACA JUGA :  Ternyata Daun Salam Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Simak Ini

Stroke sebabkan kerusakan pada otak

Stroke terjadi karena adanya penyum­batan atau pecahnya pembuluh darah di otak. Hal tersebutlah yang dapat menye­babkan kerusakan otak hingga berakhir pada kecacatan, seperti sulit konsentrasi, sulit berbicara, bentuk anggota tubuh yang tidak sempurna, hingga gangguan emosi.

Gejala awal stroke sering diabaikan

Banyak penderita stroke yang mening­gal karena mengabaikan gejala awal yang dirasakan, dan menganggapnya sebagai hal yang wajar. Apalagi bagi orang yang su­dah tua, mereka sering menganggap gejala stroke sebagai penyakit biasa akibat penu­aaan. Biasan­y a gejala awal yang sering terjadi adalah sulit ber­bicara, penglihatan yang tidak fokus, sakit kepala tanpa sebab, sulit berja­lan, dan gangguan koordinasi.

Penderita stroke tidak me­nyadari dirinya terkena stroke

BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Stroke membuat otak tidak bisa bekerja dengan baik, sehingga mem­buat penderitanya tidak menyadari setiap perubahan pada dirinya, yang bisa jadi merupakan gejala dari stroke. Untuk itu, Anda harus paham betul apa saja gejala stroke agar dapat lebih waspada, bila stroke menimpa keluarga atau kerabat Anda. Selain itu Anda juga ha­rus mengedukasi orang terdekat mengenai gejala stroke, agar mer­eka tahu apa yang harus mer­eka lakukan ketika gejala stroke menghampiri Anda.

Stroke bukan penyakit orang tua

Seiring dengan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, penya­kit stroke pun kini dapat menyerang anak muda. Jadi jangan abaikan gaya hidup Anda, hanya karena mera­sa yakin tidak akan terserang stroke. Mulai dari seka­rang sebaiknya Anda segera m e n g u b a h pola makan, dan gaya hidup Anda m e n j a d i lebih se­hat.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================