Rudal-Korea-UtaraPYONGYANG TODAY– Korea Utara kembali meluncurkan rudal balistik dari daerah barat wilayah mereka menuju laut di pesisir timur, membuat negara sekitar bersiaga, ter­masuk Jepang.

Kantor Kepala Staf Gabun­gan Korea Selatan menyatakan bahwa peluncuran itu dilaku­kan pada Rabu (3/8) sekitar pukul 07.50 waktu Seoul. Sep­erti dilansir Reuters, rudal itu ditembakkan dari Provinsi Hwanghae Selatan.

Kantor berita Korsel, Yon­hap, melaporkan bahwa rudal itu diperkirakan merupakan jenis Rodong jarak menengah yang dapat menempuh jarak 1.000 kilometer.

Tak hanya Korsel, Jepang pun menganggap peluncuran rudal ini sebagai ancaman bagi negaranya. Menteri Per­tahanan Jepang, Gen Naka­tani, mengatakan bahwa pasu­kan pertahanan mereka akan terus bersiaga.

Peluncuran ini merupak­an bagian dari rangkaian uji coba yang sudah mulai di­intensifkan oleh Korut sejak awal tahun ini. Pada 19 Juli lalu, Korut menembakkan tiga rudal balistik yang men­empuh jarak antara 500-600 kilometer ke laut di pesisir timur mereka.

Tak lama setelah itu, Korut mengatakan bahwa pelun­curan tersebut merupakan ba­gian dari latihan simulasi se­rangan pertahanan terhadap pelabuhan-pelabuhan Korsel dan pangkalan udara yang di­gunakan oleh militer Amerika Serikat.

Penembakan rudal terse­but terjadi tak berapa lama setelah Washington dan Seoul menyepakati pengerahan sistem pertahanan anti-rudal di Korsel. (Yuska Apitya/net)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================