individual-health-check-up-siemens_2Kebanyakan masyarakat saat ini masih beranggapan bahwa medical check up (MCU) tidak terlalu penting. Umumnya mereka masih berpikir bahwa MCU hanya membuang-buang uang saja, mengingat masih ada anggapan biaya MCU sangat mahal. Padahal, saat ini banyak rumah sakit yang menyediakan pelayanan MCU dengan harga terjangkau.

Oleh : Calviano Nathanael
[email protected]

M CU merupakan p e m e r i k s a a n yang harus dilaku­kan secara berkala se­hingga jika ditemukan adanya penyakit di dalam tubuh, dapat dideteksi se­jak dini. Sehingga, penyakit tersebut dapat segera dioba­ti sedini mungkin agar tidak menyebar menjadi penya­kit berbahaya lainnya.

Jika kita bekerja di sebuah perusa­haan maka perusahaan tersebut wajib menjamin kesehatan para karyawannya, termasuk menyediakan pemeriksaan ke­sehatan secara rutin seperti MCU. Hal ini sesuai peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Permenakertrans) yang mewajibkan perusahaan untuk memeriksakan kesehatan pegawainya.

Pentingnya MCU bagi karyawan di­dasarkan pada kesehatan sumber daya manusia di suatu perusahaan yang meru­pakan aset berharga. Aset tersebut sangat berpengaruh pada tingkat produktivitas dan keuntungan perusahaan.

BACA JUGA :  Apakah Boleh Makan Yogurt Setiap Hari? Simak Ini

Untuk mencapai kesehatan karyawan yang maksimal maka diperlukan deteksi dini dalam pencegahan penyakit secara menyeluruh. Salah satunya, dengan cara melakukan MCU.

Koordinator Medical Check Up De­partemen RS Bunda, Dr Sphatika Eka­kartika mengungkapkan bahwa MCU merupakan suatu kegiatan yang posi­tif dan penting dilakukan secara ber­kesinambungan. “Kesehatan karyawan sangat memengaruhi tingkat produktivi­tas yang berkaitan dengan keuntungan perusahaan. Agar karyawan dapat men­jalankan fungsinya secara optimal maka harus didukung dengan kondisi kesehat­an yang prima melalui MCU,” ungkapnya.

Disebutkannya, di luar kewajiban perusa­haan untuk melaksanakan MCU bagi karyawa­nnya, semua orang wajib melakukan MCU. Arti­nya, MCU juga penting bagi anak-anak, dewasa, maupun orang yang sudah berusia lanjut.

BACA JUGA :  Bibir Hitam Gegara 5 Kebiasaan Ini, Simak Sampai Akhir!

Apalagi, menurut dia, pada zaman yang serbamodern ini, penyakit semakin marak ditemukan dengan sebab yang be­ragam, mulai dari pola hidup seseorang, faktor lingkungan, dan lainnya. “Segala pekerjaan sangat berisiko, walaupun se­tiap harinya karyawan tersebut hanya bekerja di dalam ruangan ber-AC. Maka, di sinilah peran penting MCU,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, setiap orang juga wajib memperhatikan dan menjaga ke­sehatan mereka. Pola makan serta gaya hidup orang tersebut sangat menentu­kan penyakit apa saja yang dapat meny­erangnya, usai dilihat secara keseluru­han dengan MCU.

“MCU dilakukan mulai dari pemeriksaan urine, darah, pemer­iksaan paru-paru melalui alat khusus, hingga pemeriksaan melalui alat radiologi mag­netik, seperti magnetic resonance imaging (MRI) yang diyakini dapat memberikan gam­baran menyeluruh (komprehensif ) tentang ke­lainan dalam tubuh,” kata Edi me­nambah­kan. (*)

 

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================