Dengan ditutupnya pendaftaran untuk calon inde­penden, KPUD akan memper­siapkan diri untuk membuka pendaftaran calon gubernur Jakarta dari jalur partai politik. Pendaftaran calon dari jalur partai dibuka pada 21-23 Sep­tember 2016.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak takut menghadapi ko­alisi besar yang tengah diran­cang sejumlah partai untuk menantang dirinya pada Pe­milihan Kepala Daerah (Pilka­da) 2017. “Enggak masalah, mau kumpulin semua partai aku enggak takut. Waktu aku independen kamu kira men­talku seperti apa? Mental saya waktu itu, independen lawan semua partai. Eh, eng­gak tahunya ada tiga partai, teman akarnya, sama-sama kenal mereka langsung du­kung,” kata Ahok, kemarin.

Pertemuan dengan tujuh partai itu tengah berlangsung siang ini di sebuah restoran di Jalan Cik Ditiro Nomor 35 Menteng Jakarta Pusat. Dela­pan partai politik itu yakni PDI Perjuangan, Partai Ger­indra, PAN, PKS, PKB, PPP, dan Partai Demokrat.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 2 Mei 2024

Jika tercapai kesepakatan berkoalisi, Ahok bakal meng­hadapi koalisi besar itu ber­sama partai pengusungnya yakni Partai Hanura, NasDem, dan Partai Golkar. Ahok me­nyebut tiga partai yang men­dukungnya cenderung tak ingin ada penambahan par­tai. Gabungan tiga partai itu sudah melebihi syarat mini­mal untuk mengajukan pasan­gan calon yang mengharuskan memiliki 22 kursi di legislatif. Ketiga partai itu total mempu­nyai 24 kursi di DPRD.

Adapun soal hubungan­nya dengan PDI Perjuangan, Ahok mengaku tak ambil pusing lantaran banyak kad­er PDIP yang menentangnya. Ahok mengatakan tak ingin ribut karena persoalan itu. “Kalau udah dibuat keputu­san, semua ini diam. Justru kalau enggak diputusin ini­lah, waaah, semua manuver, berusaha mempengaruhi Ibu (Mega),” tutur Ahok.

BACA JUGA :  15 Kali Guguran Lava Diluncurkan Gunung Merapi, BPPTKG: Jarak Luncur Sejauh 1.800 Meter

Ahok sampai saat ini ma­sih berharap dapat berpasan­gan dengan salah satu kader PDI Perjuangan yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat. Berbagai cara dilakukan oleh Ahok beserta partai pendukungnya.

Partai Hanura, misalnya, minggu lalu sudah melaku­kan pertemuan dengan PDI Perjuangan. Ahok juga sem­pat yakin Megawati bakal menggunakan hak prerogat­ifnya untuk memberikan dukungannya kepadanya. Namun, PDI Perjuangan menegaskan memiliki me­kanisme sendiri dan meng­gelar pertemuan dengan tujuh partai politik lain hari ini. (Yuska Apitya/cnn)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================