fo-aALFIAN MUJANI
[email protected]

Dalam beberapa kesempatan, Kepala BLH Kabupaten Bogor Roni Kusmana selalu meng­ingatkan bahwa menanam pohon itu mudah dan sudah banyak yang melakukan. Tetapi yang menanam pohon kemudian merawatnya dengan sungguh-sungguh tidak banyak.

‘’Karena itu, dalam setiap kesempatan giat menanam pohon saya selalu memas­tikan siapa yang akan merawat pohon-pohon yang sudah ditanam itu,’’ kata Roni Kusmana, serius.

Ketika menanam pohon bersama Bo­gor Hejo di SMAN Babakan Madang 1, Roni kembali mengingatkan tentang pentingnya merawat pohon-pohon yang sudah dita­nam. ‘’Saya sering menjumpai pohon-po­hon yang kita tanam itu hilang atau bahkan mati kekeringan lantaran tidak ada yang merawat,’’ katanya.

Peringatan dari Roni ini menjadi pegan­gan Tim Bogor Hejo dalam setiap kali melakukan penanaman pohon. Tidak ter­lalu sulit bagi Tim Bogor Hejo untuk melak­sanakan pesan Kepala BLH ini karena pen­anam pohon yang dilakukan Bogor Hejo selalu di sekolah.

BACA JUGA :  Jelang Pilkada 2024, Pj Wali Kota Bogor Ingatkan Jaga Netralitas ASN

‘’Jadi setiap pohon yang ditanam kami titipkan kepada kepala sekolah dan guru pembina lingkungan hidup,’’ kata Amalia Dian Puspitasari, salah satu relawan Bogor Hejo yang setiap hari tanam pohon bersa­ma Sekretaris Bogor Hejo Tato Marsito.

Untuk memastikan pohon-pohon yang ditanam tersebut benar-benar dipelihara oleh pihak sekolah, Amel dan Tato juga melakukan komunikasi dengan para kepala sekolah melalui grup WA. Mereka meminta para sekolah mengirim foto pohon-pohon yang sudah ditanam beberapa waktu lalu.

‘’Misalnya di SDN Cileungsi 4 yang kita tanami pada tanggal 28 April lalu. Pak Jaja, kepala sekolah SDN Cileungsi 4 mengir­imkan foto-foto pohon tersebut ke kami, Jumat kemarin,’’ kata Amel, ‘’Luar biasa, pohon-pohon yang ditanam tiga bulan lalu itu tumbuh subur,’’ tambah Tato Marsito.

BACA JUGA :  Melenggang di Pilgub Jabar 2024, Bima Arya Beberkan Sejumlah Program

Kepastian adanya perawatan terhadap pohon-pohon yang ditanam itulah antara lain yang membuat Kepala BLH Kabupaten Bogor Roni Kusmana bersemangat men­suport kebutuhan pohon buah-buahan untuk ditanah Tim Bogor Hejo di sekolah-sekolah, terutama di sekolah-sekolah Ka­bupaten Bogor. Namun sayangnya, Disdik Kabupaten Bogor justru kurang berseman­gat dalam memberikan daftar nama-nama sekolah yang masih perlu dihijaukan.

Bahkan Kepala Disdik Kabupaten Bogor TB Lutfie Syam tak pernah merespon SMS, WA, dan telepon dari tim Bogor Hejo. Pada­hal, Tim Bogor Hejo bermaksud membantu program green school dan sama sekali tidak memungut biaya apapun. Alias gratis….!!!! (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================