A9-16-8-2016-ArtNia S. Amira
[email protected]

Kehidupan modern yang me­maksa manusia hidup penuh dengan sejuta kesibukan untuk meraih apa yang dibutuhkan, membuat orang kehilangan waktu un­tuk sekedar beristirahat. Kalaupu ingin keluar dari kesibukan sehari-hari, hanya Mall-mall yang menjadi tujuan untuk melepaskan kepenatan. Masih berun­tung bagi warga kota Bogor yang dapat berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan sekitar Puncak. Lalu bagaimana dengan warga sekitar Kabupaten Bogor yang ke­banyakan berdiam di sekitar Cibinong?

Terletak tidak begitu jauh dari pusat Pemerintahan Daerah Bogor (Pemda), Eco Park yang berada di kawasan Lem­baga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) atau lebih dikenal sebagai Bakosurtanal ini dapat menjadi tempat alternatif tu­juan wisata murah di wilayah Kabupaten Bogor. Berada di Km 46, Jalan Raya Bo­gor, Eco Patk yang dibangun pada ta­hun 2002 ini sebenarnya diperuntukkan untuk tempat belajar, mengamati serta meneliti mengenai ekosistem alam di dataran rendah yang ada di Indonesia, selain juga sebagai tempat pengawasan Bakosurtanal.

BACA JUGA :  Pemkab Bogor Bahas Optimalisasi Pemanfaatan Command Center 

Terdapat berbagai macam tumbuhan langka untuk keperluan penelitian. any­ak sekali ditanami berbagai macam tum­buhan langka. Dengan penataan yang dibuat sedemikian rupa, danau yang be­rada di tengah-tangah dan sekelikingnya ditumbuhi rumput hijau bagaikan karpet dan dibuat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan taman. Eco Park terli­hat jadi indah.

BACA JUGA :  Ketua DPRD Rudy Susmanto Minta Warga Kabupaten Bogor Siaga Bencana Alam, Segera Lapor Jika Muncul Bencana

Danau yang berada di tengah taman, merupakan bagian dari taman konser­vasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor.

============================================================
============================================================
============================================================