Untitled-2JAKARTA, TODAY—Badan Kepegawaian Nasional (BKN) mencatat, ada 10 ribu pegawai negeri sipil (PNS) siluman di se­luruh Indonesia. Mereka masih tercatat dalam basis data BKN, masih menerima gaji setiap bu­lan, tapi mereka tidak diketa­hui keberadaannya.

Menurut Kepala Kepega­waian Nasional RI Bima Haria Wibisana, data awal menun­jukkan ada 97 ribu PNS silu­man, lalu menyusut menjadi 74 ribu. Setelah dilakukan verifikasi, turun lagi menjadi 25 ribu dan sekarang tinggal 10 ribu PNS. “Mereka sudah beberapa kali diverifikasi na­mun hasilnya tetap mentok,” kata Bima, kemarin.

Baca Juga :  Terlibat Investasi Bodong, Oknum Guru di Bogor Diringkus Polisi

Berdasarkan institusi, jum­lah PNS siluman paling ban­yak bekerja di institusi TNI/ Polri. Pihaknya mengaku sulit mengakses data tersebut lan­taran dana pensiun PNS ber­sangkutan berada di PT Asabri.

“Dana pensiunnya tidak di Taspen, sehingga kita sulit mengakses data orang-orang­nya. Kita minta tolong ke Ke­menhan untuk memverifikasi 4.500 PNS di lingkungan TNI/Polri,” ungkapnya.

Baca Juga :  Live Bugil di Aplikasi Mango, Selegram Bali Diamankan Polisi

Sedangkan sisanya, sebanyak 5.500 PNS siluman, akan dipilah lagi mengenai status kepegawaiannya. “Kami kelompokan, kami serahkan ke pejabat pembina kepegawaian untuk diperiksa. Kalau orangnya tidak ada, kita hapus dari database,” tegas Bima.

Halaman:
« 1 2 | Selanjutnya › » Semua