Biles adalah pesenam perempuan berusia 19 tahun dan berkulit hitam, yang me­mimpin Tim Amerika Serikat meraih medali emas di cabang senam dalam Olimpiade Rio 2016. Adapun Simone Manuel, 20 tahun, juga berkulit hi­tam, adalah peraih dua emas dan dua medali perak di cabang re­nang.

Dalam sebuah wawancara yang diunggah di hala­man Facebook mi­lik CNN, Muhammad mengatakan dia mencuplik amsal pengalaman duo pete­nis Venus dan Serena Williams semasa keduanya masi kanak-kanak.

BACA JUGA :  Atlet Skateboard Kabupaten Bogor Sabet Dua Medali Naschamp 2024

“Orang-orang menentang mereka karena gaya rambut yang berbeda. Demi hal-hal sepele kita cenderung meng­hambat perempuan,” kata Mu­hammad. “Saya suka bahwa mereka akhirnya tidak pernah mengubah jati dirinya. Mereka memaksa kita sebagai penon­ton, kita sebagai masyarakat, untuk menerima mereka apa adanya.”

Karena alasan itulah, menu­rut Muhammad, dia mencintai olahraga: Di ujung pertandin­gan, orang tidak peduli ten­tang ras, jenis kelamin, atau agama, tapi seberapa besar bakat yang Anda punyai.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Lantas, apa yang Anda lakukan selanjutnya Mu­hammad? Dia tidak yakin apakah dia kembali lagi ke Olimpiade selanjutnya. Saat ini, wanita kelahiran Maple­wood, New Jersey, itu men­gaku berfokus pada hal di de­pan mata saja. “Saya ingin tidur siang,” katanya, tertawa. “Sek­arang saya hanya benar-benar ingin istirahat dan memulihkan diri.” (Imam/tmp)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================