img-20160929-wa0005CIBINONG TODAY – Sebanyak 880 anggota pramuka se-Kabupaten Bogor mengikuti lomba tingkat III regu Penggalang yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, hari ini (Sabtu 1 Oktober 2016). Peserta berasal dari regu Penggalang setingkat SD atau MI dan setingkat SMP atau MTs.

Lomba tingkat III regu Pramuka penggalang adalah kegiatan edukatif rekreatif yang dilaksanakan di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar dengan sistem kompetisi. Hal ini sebagai sarana pembinaan dan pengembangan diri Pramuka penggalang dalam berbagai kehiatan yang dikemas guna membina, melatih dan mengembangkan individu maupun per regu.

Baca Juga :  Plt. Bupati Bogor Akan Dukung Apapun Kegiatan NU

Lomba tingkat III regu Pramuka penggalang dilaksanakan disetiap jajaran Kwartir mulai dari lomba tingkat I Gugusdepan, lomba tingkat II tingkat ranting dan lomba tingkat III cabang, seingga regu berprestasi tinggi dapat mengikuti lomba tingkat IV di daerah maupun nasional.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bogor, Didi Kurnia mengatakan, lomba ini merupakan kegiatan khas para Pramuka penggalang berprestasi tinggi. Ini juga sebagai upaya mengevaluasi hasil pembinaan anggota gerakan Pramuka golongan penggalang.

“Semoga lomba ini dapat menjadi wahana pembelajaran yang bermanfaat bagi adik-adik Pramuka penggalang. Sekembalinya dari kegiatan lomba regu Pramuka penggalang tingkat III ini, dapat menyampaikan pengalaman kepada teman-teman di gugusdepan dan kwartir ranting masing-masing,” kata Didi.

Baca Juga :  Fasilitas Publik dan Halaman Rumah Warga Terbakar Gegara Tawuran di Belawan

Sementara itu, peserta lomba berasal dari regu penggalang setingkat SD atau MI berjumlah 320 orang yang terdiri dari 40 regu. Kemudian regu penggalang setingkat SMP / MTs berjumlah 560 orang terdiri dari 70 regu. Jenis lomba yang diperlombakan diantaranya, hafalan doa, hafalan surat, pidato bahasa sunda, PBB, paduan suara, atletik, berenang, menembak, ketapel, pioneering, survival, menaksir, maping, morse malam, semaphore malam, panjat dinding, haling rintang, panorama, pasang bongkar tenda, teknologi informasi dan P3K. (*)